Penyebab dan Solusi Bau Selangkangan yang Tidak Sedap

Senyumperawat.com – Bau badan pada seorang pria memang tidak selamanya buruk. Faktanya, dalam sebuah forum curhat para ibu-ibu, banyak yang begitu menyukai aroma tubuh suaminya. Bahkan beberapa di antaranya sangat rindu pada aroma tubuh suaminya jika seharian ditinggal pergi. Tidak kalah unik, ada juga yang suka bersembunyi di bawah ketiak suami. Jika sudah menjadi pasangan yang halal dalam ikatan pernikahan, kenapa tidak?

Termasuk di antaranya bau selangkangan. Bagian ini mirip seperti ketiak yaitu bagian lipatan. Selain itu, bagian selangkangan terletak di bawah dan tertutup rapat. Sayangnya, hal ini mengakibatkan munculnya bau selangkangan yang terkadang mengganggu.

Seorang dokter kulit asal George Washington University, Kelley Pagliai Redbord, MD menyatakan bahwa bau selangkangan ditimbulkan oleh bakteri. Bakteri ini semakin aktif karena banyaknya keringat bercampur air pada bagian pangkal paha tersebut. Kondisi ini akan semakin bau ketika ditambah dengan aktivitas fisik yang berat.

Secara khusus, pangkal paha berisi sejumlah kelenjar apokrin. Bila kelenjar apokrin melepaskan sekresi tercampur dengan keringat, maka dapat menyebabkan beberapa aroma yang tidak sedap.

Oleh karenanya, penggunaan sabun yang memiliki peran antibakteri sangat dianjurkan. Mengatasi bau selangkangan bisa juga dengan rajin membersihkan daerah tersebut dengan sabun antibakteri ini. Setelah dibersihkan, upayakan dibasuh hingga kering dengan handuk. Jika masih ada sisa air yang belum kering, bagian selangkangan akan lembab. Akibat dari suasana lembab inilah, bakteri bisa berkembang biak lebih cepat. Jika dirasa CD sangat basah karena aktivitas fisik berlebih, segera ganti dan jangan menyengaja untuk dipakai lebih lama. Selain bisa mengiritasi kulit, dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Pos terkait