Manfaat Menangis Menurut Hadits, Tiket Menuju Surga

0
Seorang ayah menangis saat anaknnya tewas akibat serangan Syiah di Suriah.

Senyumperawat.com – Menangis adalah kata kerja yang tidak mudah dilakukan. Menangis bisa terjadi tatkala bahagia mau pun sedih. Manfaat menangis dari sisi medis sangat beragam. Salah satunya sebagai sarana membersihkan mata. Air mata dapat mengirigasi mata secara alami untuk membersihkan kotoran mata. Namun dari segi Islam, manfaat menangis bagi hati sangatlah baik. Ia dapat melembutkan hati. Salah satunya pula dapat mengantarkan seorang menangis tersebut menuju surga.

Tangisan yang dapat mengantarkan pelakunya menuju surga tidak sembarangan. Manfaat menangis jenis ini tidak dimiliki oleh orang yang tidak menempatkan Islam secara penuh dalam hati. Orang yang menangis karena Allah adalah jaminan untuk masuk ke Surga. Ini perwujudan tauhid yang lurus sehingga ia merasakan betapa Allah memiliki setiap kuasa.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آَيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS. Al Anfal [8] : 2)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dari jalur sahabat Ibnu Abbas,

عَيْنَانِ لاَ تَمَسُّهُمَا النَّارُ عَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَعَيْنٌ بَاتَتْ تَحْرُسُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ

“Dua mata yang tidak akan tersentuh oleh api neraka yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang bermalam (begadang) untuk berjaga-jaga (dari serangan musuh) ketika berperang di jalan Allah.” (HR. Tirmidzi. Hadits ini shohih ligoirihi menurut Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targhib wa At Tarhib no. 1229)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.