Makan Cepat Bikin Lambung Rusak, Pelan-Pelan Saja!

0

Senyumperawat.com – Makan cepat dapat memberikan efek buruk pada tubuh. Pada satu sisi, makan cepat sering dilakukan ketika terburu-buru. Namun ada pula sebagian orang yang memang membiasakan diri untuk makan cepat. Baginya waktu untuk kegiatan lain masih banyak daripada sekedar makan. Rutinitas semacam ini memicu beberapa peneliti untuk menelaah dampaknya pada tubuh.

Salah satu hasil riset telah dipublikasikan. Seperti dimuat dalam laman Food World News bahwa makan cepat berdampak pada pencernaan. Salah satu fakta diungkapkan bahwa makan secara cepat tidak memberikan waktu bagi lidah dan otak untuk menikmati rasa. Kondisi ini bisa berakibat respon otak menjadi menerjemahkan bahwa lidah belum puas untuk merasakan makanan lagi. Akibatnya, porsi makan bisa saja justru lebih banyak. Kondisi ini akan mempercepat terjadinya obesitas.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan tahun ini, makan cepat bahkan mampu memicu kondisi kesehatan serius seperti diabetes.

Makan harus ada jatah waktunya

Waktu adalah sarana untuk memenuhi bekal menuju akhirat. Oleh karenanya, pembagian waktu sehari-hari juga harus diperhatikan. Ada waktu khusus untuk mandi, tidur dan tentunya untuk makan. Ketika tiba waktunya makan, maka hentikan aktivitas lainnya. Nikmatilah waktu-waktu makan Anda. Jangan justru ketika makan masih sibuk dengan Gadget dan lain hal. Kondisi ini kurang baik. Tubuh perlu alokasi waktu berdasarkan kebutuhannya.

Tidak salah jika meluangkan waktu beberapa puluh menit, misalkan 15-20 menit. Selama waktu itu, fokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Menikmati tiap suapan makanan. Kondisi tenang demikian, tidak akan menimbulkan perasaan terburr-buru. Suasana hati pun lebih nyaman ketika makan dengan perlahan. Kunyah hingga lembut dan mudah dicerna oleh lambung. Gangguan lambung akibat makan cepat adalah karena makanan yang masuk belum cukup halus. Akibatnya, Lambung harus bekerja ekstra. Jika dibiarkan terus-menerus maka Lambung pun punya batas maksimal daya tahan dalam bekerja. Tak perlu makan dengan terburu-buru. Habiskan waktu setidaknya selama 20 menit untuk mengunyah makanan. Perlu diketahui bahwa makanan yang dikunyah secara benar akan mengurangi risiko masalah kesehatan pada sistem pencernaan Anda.

Tinggalkan Komentar