Konsep Pendidikan seks (sex education) Secara Teoritis

Senyumperawat.com – Pendidikan seks merupakan bagian dari aspek penting dalam kehidupan manusia. Mengenal tentang seks bukan berarti identik dengan hal-hal negatif. Manfaatnya adalah untuk lebih mengenal mana perilaku yang dibenarkan dari sisi agama dan dari sisi kesehatan. Sejak kecil, anak-anak sudah dibimbing untuk memahami hal yang benar dan orang tua berperan penting. Akan sangat berbahaya jika anak mencari jawaban di luar dan justru mengarah ke hal-hal di luar pantauan orang tua.

Tujuan pendidikan seks

  1. Memberikan pemahaman dengan benar tentang materi pendidikan seks diantaranya memahami organ reproduksi, identifikasi dewasa atau baligh dan kesehatan seksual.
  2. Menepis pandangan tentang pendidikan seks yang dianggap tabu, tidak Islami dan lain sebagainya.
  3. Pemahaman terhadap materi pendidkan seks pada dasarnya memahami ajaran Islam yang lebih terarah dengan bimbingan sehingga tidak menyimpang.
  4. Mampu mengantisipasi dampak buruk akibat penyimpangan seksual.

Menurut Dr. dr. Amin Husni, SpS (K), M.Sc selaku pakar Seksolog dari FK Universitas Diponegoro menyatakan bahwa pendidikan seks melingkupi 3 aspek, yaitu:

  1. Sex information
  2. Instruction
  3. Education in sexuality
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker