Indikasi dan Tujuan Tindakan Bilas Lambung

Senyumperawat.com – Bilas lambung jarang dijumpai di rumah sakit. Bukan karena tidak diberlakukan lagi tapi karena jarang pasien yang memerlukannya. Tindakan ini tidak sembarangan bilas. Jika sekedar membilas pun pakai detergen bisa. Namun ini kaitannya dengan kasus keracunan. Tindakan ini diperuntukkan bagi pasien keracunan yang berupa zat cair. Biasanya terjadi pada kasus percobaan bunuh diri atau anak yang salah minum akibat kelalaian orang tua. Ada juga kasus preman keracunan miras oplosan.

Tindakan bilas lambung yaitu tindakan mengosongkan isi lambung untuk menghilangkan unsur yang mengiritasi lambung. Racun yang bisa dilakukan tindakan ini bukanlah racun yang bersifat korosif.

Tujuan tindakan bilas lambung

  1. Menghilangkan racun-racun, bahan-bahan toksik atau karena overdosis obat.
  2. Mengirigasi dan membersihkan lambung sebelum melakukan endoscopy bagian atas pada orang yang muntah darah.
  3. Mengumpulkan isi asam lambung untuk analisis
  4. Mengurangi dan dekompresi pada seseorang dengan obstruksi usus.

Indikasi bilas lambung

  1. Overdosis atau menelan racun dalam 1 jam
  2. Overdosis spesifik setelah 1 jam, misalkan obat yang memperlambat peristaltik seperti antikolinergik dan golongan opioid, misalkan juga obat berbentuk Bezoar seperti Salisilat dan Zinc.
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker