Gaji Perawat di Indonesia Ratusan Ribu, di Luar Negeri Bisa 4 Kali Lipat

Gaji Perawat di Indonesia Ratusan Ribu, di Luar Negeri Bisa 4 Kali Lipat

Senyumperawat.com – Gaji perawat selama ini di Indonesia masih menjadi pembahasan yang klasik namun hangat. Masih saja dijumpai gaji perawat yang senilai Rp 200.000 sebulannya. Di samping itu, perawat yang memilih untuk menjadi TKI mendapatkan nuansa baru di negeri orang. Selain pengalaman yang lebih banyak di luar negeri dan ilmu baru, gaji di sana pun bisa berpuluh-puluh kali lipat. Misalkan saja gaji di Jepang, minimal bisa mencapai lebih dari 10 juta lebih.

Tidak cukup sampai di situ, bagi perawat yang memiliki sertifikat internasional, bisa mendapatkan gaji 4 kali lipat. Hal ini diungkapkan oleh kepala BNP2TKI, Nusron Wahid di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (15/5/2015).

“Supaya perawat kita itu bisa mendapatkan sertifikat internasional, sehingga kalau dikirim ke internasional gajinya meningkat empat kali lipat,” ucap Nusron dikutip Tribunnews.

Negara yang memiliki lisensi untuk memberikan sertifikat tersebut hanya beberapa negara tetangga seperti Filipina. Selain itu, negara yang boleh mengadakan sertifikasi National Council Licensure Examination for Registered Nurses (NCLEX-RN), yaitu India, Filipina, Hongkong dan Taiwan.

“Selama ini perawat Indonesia kalau mau mendapatkan itu harus ke Filipina. Kan mahal. Nah ini kan dibantu Bu Menteri BUMN. Enak kan difasilitasi kami datangkan asesor dari Filipina kemudian enggak perlu lagi perawat kita datang ke Filipina,” kata Nusron.

Share

COMMENTS