Cara Alami Ampuh Atasi Tidur Ngorok

0

Senyumperawat.com – Tidur ngorok adalah aktivitas tanpa sadar yang membuat orang tersadar. Maksudnya, membuat orang yang disekitarnya yang tadinya tertidur menjadi terganggu atas perilakunya itu. Akibatnya banyak yang terbangun akibat rekannya yang mengorok. Bahkan beberapa di antara kejadian, teman yang terganggu itu lebih memilih untuk berpindah tempat. Selain menzalimi, juga tidak sehat.

Tidak banyak yang sadar bahwa tidurnya mengorok. Baru diketahui setelah ada orang lain yang menceritakan. Faktanya, mengorok ternyata cukup berbahaya. Sirkulasi darah dalam tubuh butuh oksigen yang tercukupi. Dengan kondisi tidur ngorok, oksigen tidak dapat maksimal masuk ke paru-paru karena saluran nafas terhalang lidah. Saat tidur, lidah menjadi tidak terkontrol dan jatuh ke belakang jika tidur terlentang. Jatuhnya lidah ke belakang, akan menutup saluran nafas. Otak memerlukan suplai oksigen yang cukup. Waspadai jika anak sudah sejak kecil mengorok. Ada yang berpendapat bahwa hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Coba cara tidur Rosulullah

Sebagaimana dipahami bersama bahwa Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam tidur dengan posisi miring kanan. Meskipun beliau juga pernah tidur terlentang, namun itu hanya sesekali saja. Selebihnya, Rosulullah tidur dengan posisi miring kanan.

Berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

“Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)”, penjelasan Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad, 1/321-322.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin menerangkan, “Yang lebih afdhol adalah tidur pada sisi kanan. Sedangkan tidur tengkurap adalah tidur yang tidak pantaskecuali dalam keadaan butuh. Sedangkan tidur dalam keadaan terlentang adalah tidak mengapa selama menjaga aurat tidak terbuka. Namun jika khawatir akan tersingkapnya aurat yaitu ketika mengangkat kedua kaki dan tidak memakai celana di bagian dalam jubah misalnya, maka itu tidaklah pantas. Namun kalau aman, maka tidaklah mengapa.” (Syarh Riyadhus Sholihin, 4: 346).

Menurut beberapa literatur kesehatan, tidur dengan miring kanan akan membuat sirkulasi lebih maksimal. Posisi jantung terletak pada bagian sisi kiri tubuh. Saat tidur miring ke kanan, maka posisi jantung lebih tinggi. Maka aliran darah menuju ke seluruh organ tubuh lebih baik. Terpenting ke otak yang membutuhkan banyak oksigen.

Berhentilah merokok

Merokok sama sekali tidak baik bagi kesehatan. Merokok hanyalah untuk orang yang buta huruf. Jika seseorang itu bisa membaca maka peringatan yang tertera pada kemasan rokok harusnya sudah menjadi bahan pikiran. Terlebih dalam Islam, rokok adalah haram. (Baca: Faktanya Rokok Itu Haram Bukan Makruh)

Tinggalkan Komentar