Bacain Hadits Rosulullah Ini Kalau Kamu Diejekin

Senyumperawat.com – Hidup di tengah masyarakat yang galau, menyisakan tantangan yang rumit. Jauhnya umat dari Allah membuat kehidupan menjadi lebih tidak nyaman. Apalagi di tengah kalangan para wanita. Terkadang persoalan ngrumpi membuat telinga dan hati panas. Hadits Rosulullah ‘alayhi sholaatu was salaam di bawah ini akan menjadi renungan.

Persoalan kecil apa pun, jika para wanita berkumpul akan jadi obrolan besar. Berawal dari gunjingan ini, hubungan persaudaraan kadang sampai retak. Banyak orang lebih fokus untuk melihat saudaranya yang punya salah meskipun kecil tapi akhirnya jadi besar. Namun kesalahannya sendiri yang sebenarnya besar seolah tidak ada karena fokus pada kesalahan orang lain.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

يُبْصِرُ أَحَدُكُمْ القَذَاةَ فِي أَعْيُنِ أَخِيْهِ، وَيَنْسَى الجَذْلَ- أَوْ الجَذْعَ – فِي عَيْنِ نَفْسِهِ

“Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” (HR. Bukhari dalam Al Adabul Mufrad no. 592, riwayat yang shahih)

Ini semisal dengan plesetan peribahasa yang sering kita dengar,

Debu di planet Jupiter tampak tapi gunung Merapi di depan mata tak terlihat.

Sedikit diplesetkan hanya untuk mempertegas. Maka akan sangat merugi ketika seseorang tidak menghitung amalan dirinya sendiri namun sibuk menghitung kesalahan orang lain. Maka ini pun akan lekat dengan anjuran untuk menjaga diri sendiri dari api neraka. Tidak ada yang bisa selamat dari api Neraka kecuali yang senantiasa menjaga diri dengan mengikuti Al Quran dan Sunnah sebagai pedoman hidup.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker