Unik, Warga Kamboja “Hobi” Diinfus

Ilustrasi gambar tangan diinfus

Senyumperawat.com – Pemasangan infus bagi mayoritas pasien merupakan tindakan yang menakutkan. Bukan hanya dari sisi pasien, bahkan tenaga medis pemula pun masih gugup saat melakukannya. Uniknya, di Kamboja justru pemasangan infus lebih cenderung menjadi hal yang tak aneh lagi. Konon, warga Kamboja “hobi” diinfus.

Persis seperti paradigma yang terjadi di Indonesia. Orang Indonesia sebagaian merasa bahwasanya ketika pergi berobat ke dokter, jika tidak disuntik kurang afdhol. Bahkan setelah disuntik pun mereka langsung sehat. Di Kamboja pun demikian, warganya justru meminta untuk dilakukan pemasangan infus meskipun tidak ada indikasi untuk dilakukan tindakan ini.

“Fenomena ini bukan hanya di desa. Karena semua orang yang pergi ke rumah sakit pasti meminta untuk diinfus karena mereka berpikir bahwa hal tersebut penting untuk kesehatan. Bahkan, para dokter dan suster di Kamboja menganggap diinfus dan disuntik itu hal yang penting,” kata Dokter dari negara Barat yang tidak disebutkan namanya, sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Selasa (22/12/2015).

“Jika Anda masuk ke sebuah rumah sakit di Kamboja, maka Anda akan lihat hampir semua pasien dalam keadaan diinfus. Setiap orang yang datang pasti akan diinfus, hingga habis dan mereka pulang,” jelas dokter tersebut.

Salah satu jurnalis media asing yang meliput kebiasaan aneh ini mengatakan ia bukan hanya melihat orang-orang di Kamboja diinfus di rumah sakit. Bahkan, ada yang diinfus ketika berada di sepeda motor. ‘Infus berjalan’ ini dilakukan oleh tiga orang, ada yang mengendarai motor, diinfus, dan bertugas memegangi infus.

Ketika ditanya mengapa menggunakan infus, pria itu mengatakan bahwa ia terkena malaria, dan dengan menggunakan infus, ia mendapatkan energi lebih dan hal ini mendinginkan tubuhnya.

“Jika Anda perhatikan, banyak orang yang diinfus ketika berada di atas motor. Saya miskin, jadi saya tidak memiliki mobil, maka saya diinfus di atas sepeda motor”, kata pria yang berada di atas motor itu.

Fenomena yang sangat aneh namun memang ada. Banyak keunikan seputar kesehatan yang terjadi di berbagai negara. (Destur/Okezone)

Share

This website uses cookies.