Syarat Umum Pendaftaran Perawat ke Jepang 2017

Syarat Umum Pendaftaran Perawat ke Jepang 2017

Pendaftaran perawat ke Jepang untuk tahun 2016 telah ditutup. Mereka yang sudah terdaftar sebagai calon perawat ke Jepang telah melalui tahap pelatihan bahasa Jepang. Kini bagi perawat-perawat yang ingin menyusul pula untuk tahun 2017, hendaknya segera mempersiapkan berkas-berkas pendaftarannya. Syarat pendaftaran program pengiriman perawat ke Jepang cukup banyak.

Syarat Umum calon TKI careworker dan calon TKI nurse seperti diterbitkan oleh BNP2TKI adalah sebagai berikut:

  1. Foto copy KTP yang masih berlaku;
  2. Foto copy Paspor sekurang-kurangnya masih berlaku 1 (satu) tahun ke depan;
  3. Foto copy Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir;
  4. Foto copy Kartu Pencari Kerja/AK1 yang dilegalisir dengan cap basah atau embose;
  5. Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Isteri yang ditandatangani diatas meterai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa;
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
  7. Medical Check up dengan hasil Fit yang masih berlaku dan tidak cacat fisik yang mengganggu dalam bekerja, dan bagi wanita tidak dalam keadaan hamil;
  8. Pas Foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3×4 Cm sebanyak 6 (enam) lembar;
  9. Bagi wanita tidak pernah bertato dan laki-laki tidak pernah bertato dan tidak pernah bertindik;
  10. Membuat surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus matching yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri;
  11. Membuat surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi apabila dalam proses penempatan ditemukan kasus yang diakibatkan oleh calon TKI sehingga calon TKI dikeluarkan dari tempat pelatihan yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri;
  12. Foto copy sertifikat kemampuan bahasa Jepang, bahasa Inggris atau bahasa lainnya dan sertifikat keterampilan lainnya (BCLS, BTLS, atau PPGD) bila ada.

Syarat Khusus calon TKI Careworker(Kaigofukushishi)

  1. Berusia 21 sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2015 atau telah lulus serendah-rendahnya D3 Keperawatan.
  2. Melampirkan foto copy ijasah pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  3. Melampirkan foto copy transkrip nilai pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  4. Melampirkan surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker/ kaigofukushishi di Jepang, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer.

Syarat Khusus calon TKI nurse (kangoshi)

  1. Berusia 23 sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2015 atau telah lulus serendah-rendahnya D3 Keperawatan dan telah memiliki pengalaman kerja minimal komulatif 2 tahun sejak tanggal kelulusan atau telah lulus S1 Keperawatan + Ners dan telah memiliki pengalaman kerja minimal komulatif 1 tahun.
  2. Melampirkan foto copy ijasah pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan atau S1 + Ners dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  3. Melampirkan foto copy transkrip nilai pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan atau S1 + Ners dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  4. Melampirkan foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) dari Kemkes/MTKI dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  5. Melampirkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat keterangan kerja sebagai perawat sekurang-kurangnya 2 tahun komulatif per 31 Agustus 2015 (lulusan D3 Keperawatan) atau sekurang-kurangnya 1 tahun per 31 Agustus 2015 (lulusan S1 + Ners).

Setelah memenuhi syarat di atas, segera kirimkan ke pihak BNP2TKI di kota masing-masing. Biaya untuk proses administrasi tidak terlalu mahal. Ada tes tertulis, tes kesehatan dan lain sebagainya jika berkas diterima.

Share

COMMENTS (26)

  • comment-avatar
    Dicky 11/10/2017

    Untuk careworker apakah STR harus dilampirkan juga?

  • comment-avatar
    Abell 08/15/2017

    Untuk penempatan tahun 2018 kapan d buka ?

  • comment-avatar
    Hermanto 08/09/2017

    Saya mau bekerja ke jepang, terus pendaftarannya bagaimana dan menghubungi siapa terimakasih

  • comment-avatar

    saya belum punya Ners tamatan S1 keperawatan . bisa ga ya kerja di jepang? saya berminat kerja di sana

  • comment-avatar

    Saya sedang mengikuti pendaftaran untuk tahun 2017. Maaf, apakah untuk Medical Check Up bisa dipilih sendiri? seperti di Klinik atau RS, dengan membawa list MCU yang sudah ditentukan dari BNP2TKI? terimah kasih atas jawabannya.

  • comment-avatar

    Apakah ada juga lowogan tenaga kesehatan lainya seperti untuk bagian farmasi dan bidan?
    Terimakasih

  • comment-avatar
    Samsul 09/22/2016

    Berapa kira2 biaya yg harus di keluarkan ya?

  • comment-avatar
    Ikbal Nurse 09/01/2016

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat! 🙂
    Salam Perawat!

  • comment-avatar
    Anon 07/28/2016

    Selain ke Jepang ada ke negara mana lagi Kak yang di Asia Timur? Trmksh.

    • comment-avatar

      ke saudi ada, cuma kami belum dalam info resminya, kebanyakan via swasta, kalau ke Kuwait memang ada tapi secara resmi dari program pemerintah belum dimulai

  • comment-avatar
    murniwijaya 03/24/2016

    Pengen kerja kejepang tp mish bingung bgmn carax.

  • comment-avatar
    Tatimatul 03/15/2016

    untuk tahun 2017 kapan mulai buka pendaftarannya? terimakasih atas jawabannya.

  • comment-avatar

    Pendaftarannya kapan di mulai

  • comment-avatar
    setiawan 02/27/2016

    untuk 2017 kapan pendaftarannya ?

  • comment-avatar
    Rere 01/24/2016

    Makasi infonya KAK. Sangat membantu ^^