Sosok Ayana Moon, Fakta Atau Hanya Fiktif?

Hampir semua penikmat dunia maya tidak ada yang tidak kenal nama Ayana Jihye Moon. Fotonya menjadi buah bibir tidak hanya di dunia maya tapi juga di dunia nyata. Sosok Ayana Moon ini diklaim telah masuk Islam yang berarti statusnya sudah menjadi muallaf, menurut istilah yang lazim disebutkan di Indonesia bagi non muslim yang masuk Islam. Ayana Moon juga disebutkan sebagai muslimah yang sebelumnya merupakan anggota dari girl band asal Korea. Disebutkan pula dari berbagai sumber bahwa ia sekarang menempuh pendidikan tinggi di Malaysia. Bahkan bukan cuma mewarnai laman-laman media berita nasional, media Islam nasional pun seperti Voa-Islam tidak luput menuliskan tentang sosok Ayana Moon.

Tapi,,,
Siapa sebenarnya sosok Ayana Moon ini?

Kecurigaan saya pun mulai muncul ketika ada beberapa website berita nasional memberitakan si Ayana ini. Mayoritas media nasional tersebut menyebutkan berita tentang sosok yang punya akun Instagram @xolovelyayana ini dengan mengutib dari laman Emirates247. Jika ditinjau dari akun Instagram tersebut, memang benar foto-fotonya ada banyak dan banyak yang mengatakan “cantik” tapi benarkah berita tentang ia dan namanya apakah benar Ayana Jihye Moon atau biasa disebut Ayana Moon?

Kejanggalan mulai muncul ketika Anda coba cari di mesin pencari Google dengan kata kunci “Ayana Moon” atau “Ayana jihye Moon”. Akan muncul hasil pencarian Google yang mencapai puluhan ribu dengan judul yang nyaris sama. Mesin pencarian akan menampilkan ada 26 halaman dari kata kunci “Ayana Moon”. Tidak satu pun referensi bahasa Inggris yang menyebutkan tentang kisah masuk Islamnya Ayana Moon. Kenapa bisa begitu?

Padahal media-media berita nasional menyebutkan bahwa mereka mengutib dari laman Emirates247. Ketika dilacak website Emirates247.com, tidak ada berita yang menjelaskan sosok Ayana Moon tersebut. Lalu, sumber yang benar berasal dari mana sehingga nama Ayana Moon ini begitu sesak memenuhi halaman rumah Google dan teras Facebook.

Hingga akhirnya saya teringat dengan sosok salah satu mahasiswi bidan yang sama-sama memiliki paras cantik. Ia menjadi korban pemalsuan orang tidak dikenal tapi akhirnya ia menjadi sosok mahasiswi bidan yang begitu terkenal di Google. Bisa dilacak namanya “Andin Aurora”. Ketika ditelisik siapa sosok Andin Aurora tersebut, akhirnya diketemukan bahwa nama aslinya adalah Andi Aswinda. Salah satu mahasiswi kebidanan. Foto-fotonya banyak beredar di Google dan bahkan ada banyak akun Facebook yang memalsukan nama dan fotonya. Fotonya pun diedit terbalik sehingga nama aslinya yang tertempel berupa name tag pun sedikit samar terlihat.

Lalu, apakah kasus sosok Ayana Moon ini sama dengan kasus yang dialami oleh mahasiswi bidan bernama Andi Aswinda yang diubah menjadi Andi Aurora?
Apakah status keislaman Ayana adalah benar bahwa ia muallaf?
Apakah benar Ayana Moon adalah mantan anggota sebuah girl band Korea?
Bahkan ada yang menjelaskan tanggal lahirnya, benarkah itu?
Atau hanya sebatas korban dari upload foto yang kemudian dijadikan fiktif?

Semuanya masih tanda tanya. Namun jika itu berita yang berasal dari media luar negeri seperti Emirates247, maka tentunya ketika dilacak ke website tersebut, berita ini harusnya ada. Terlebih ketika dicari dengan kata kunci bahasa inggris seperti “Ayana Moon Korean Girl” maka tidak ada satu pun sumber berbahasa Inggris yang tersangkut di Google. Semua berita berbahasa Indonesia dan ada pun satu berbahasa Inggris, itu pun hanya blogspot yang ada unsur “xxx” didalamnya. Sekedar tulisan untuk membuka pikiran.

Wallahu a’lam, kebenaran hanya milik Allah
by Destur
CEO Senyumperawat.com

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker