Perbedaan Mendasar Obat Analgesik dengan Anestetik

Senyumperawat.com – Obat-obatan yang memiliki fungsi untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit atau nyeri tanpa diikuti hilangnya persepsi sensorik disebut dengan obat analgesik. Pengertian analgesik secara singkat bisa disebut juga antinyeri. Obat lain yang juga berperan untuk menghilangkan nyeri adalah obat-obat jenis Anestetik (obat Anestesi). Perbedaan antara Analgesik dengan obat Anestetik adalah pada persepsi sensorik.

Pada obat Analgesik, persepsi sensori seperti rabaan, tekanan dan suhu masih terasa. Berbeda dengan Anestetik yang menghilangkan sensor tersebut dalam arti mati rasa sementara. Namun obat Anestetik ada 2 jenis yaitu Anestetik umum dan Anestetik lokal. Anestetik umum dapat menghilangkan kesadaran namun Anestetik lokal tidak.

Obat-obatan Analgesik pun memiliki klasifikasi tersendiri. Berikut ini klasifikasi Analgesik, yaitu:

  1. Analgesik Opiat
  2. Analgesik Antipiretik atau Antiinflamasi (NSAIDs)

Masing-masing jenis obat Analgesik tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ketiganya disesuaikan dengan tanda dan gejala yang timbul pada pasien dan tentunya interaksi dengan obat lain.

Obat Analgesik Opiat

Obat ini memiliki efek untuk menghilangkan nyeri tumpul yang sulit untuk dilokalisasi. Pada umumnya rasa nyeri tersebut berasal dari daerah Viscera (organ dalam). Contoh obat Analgesik Opiat seperti Morfin, Diamorfin (Heroin), Metadon, Petidin, dan Buprenorfin.

Analgesik Antipiretik

Obat jenis ini memiliki efek selain sebagai antinyeri juga sebagai Antipiretik atau penurun panas. Analgesik Antipiretik ada yang berperan untuk menghambat radang (inflamasi) sehingga dikeompokkan dalam Analgesik Antiinflamasi bukan Steroid (NSAIDs, Nonsteroidal Antiinflammatory Drugs). Obat-obatan yang termasuk didalamnya seperti Asam Mefenamat, Natrium Diklofenak, Ibuprofen, Ketoprofen, Fenilbutazon, Oksifenbutazon, Indometasin dan Piroksikam.

Source: Ngatidjan, dr. MSc. Sp. FK. (2003). Analgetika. Bagian Farmakologi dan Toksikologi Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *