Obat-Obatan Ini Biasa Digunakan Untuk Pengobatan Vertigo

0

Senyumperawat.com – Pengobatan Vertigo pertama-tama diberikan untuk mengatasi penyebabnya atau berdasar etiologis. Ada pula obat-obatan yang digunakan untuk mengurangi tanda dan gejala yang dirasakan pasien. Obat antivertigo pada dasarnya berfungsi untuk mengurangi Spontaneous Firing Rate dari Primary Afferent Vestibular Neuron dan konduksi di Nuklei.

Transmisi Primary Sensory Vestibular Neuron ke neuron sekunder bersifat Kolinergik. Reticulo Vestibular yang memudahkan Vestibulo Ocular Reflex juga bersifat Kolinergik. Hal ini menjadi dalih kenapa obat-obatan yang biasa digunakan untuk pengobatan Vertigo adalah obat antikolinergik.

Beberapa obat antikolinergik untuk pengobatan Vertigo

1. Anti Histamin

Obat ini masih sering digunakan. Keluhan-keluhan vertigo seperti pusing dan sebagainya bisa diatasi. Obat antihistamin yang biasa digunakan seperti Dymenhidrinat (Dramamine) dengan dosis 50 mg diberikan tiap 8 jam, Betahistine Mesylate dengan dosis 100 mg diminum tiap 8 jam.

2. Phenothiazine

Dosis yang biasa diberikan untuk pengobatan Vertigo adalah 25 mg diberikan tiap 8 jam.

3. Pherphenazine

Serupa dengan Phenothiazine namun dosis yang biasanya diberikan adalah 4 mg diberikan tiap 8 jam.

4. Metochlorpramide

Obat ini sangat efektif untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat Vertigo. Dosis yang biasa diberikan adalah 10 mg diberikan tiap 8 jam.

5. Cinnarizine

Dosis yang diberikan adalah 25 mg diberikan tiap 8 jam.

6. Flunarizine

Obat ini sangat efektif untuk mengurangi gejala Vertigo baik yang disebabkan oleh Perifer atau sentral. Flunarizine dapat mengurangi nyeri kepala dan nistagmus (gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah). Dosis yang biasa diresepkan adalah 5-10 mg diberikan per 12 jam.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.