Memperbaiki Sperma dengan Memperbaiki Gaya Hidup dan Nutrisi

Senyumperawat.com – Salah satu indikator kesuburan pria adalah kualitas sperma. Memperbaiki sperma bisa ditempuh dengan banyak cara. Namun faktor utama yang harus dibereskan terlebih dahulu adalah menghentikan faktor-faktor yang memperburuk kualitas sperma.

Kualitas sperma sendiri, banyak dipengaruhi oleh gaya hidup dan faktor lingkungan. Selain itu, asupan nutrisi juga memberi kontribusi besar terhadap pembentukan sel sperma.

Memperbaiki sperma harus diawali dengan mengenal faktor-faktor yang dapat mengurangi kualitasnya. Kemudian menghindari faktor tersebut dan menggantinya dengan hal-hal yang lebih positif.

Lifystyle

Gaya hidup seperti merokok, mabuk dan narkoba sangat berpengaruh terhadap sperma. Gaya hidup model begini, akan merusak sel sperma. Selain itu, jumlah produksi sperma pun dapat berkurang drastis menjadi sedikit. Rantai genetika yang dibawa oleh tiap sel sperma pun bisa rusak.

Nutrisi

Komponen sperma terdiri dari banyak unsur. Asupan nutrisi akan mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Menjauhi makanan sampah adalah pilihan tepat. Menikmati makanan yang didominasi buah dan sayur dapat memperbaiki kualitas kesehatan. Ada pun lemak dan protein dapat diambil dari telur dan daging. Namun dalam mengolah perlu diperhatikan dengan baik. Kurangi olahan makanan yang digoreng.

Lingkungan

Polusi udara mempengaruhi kesehatan tubuh. Radikal bebas berperan besar dalam mencetuskan sel kanker. Sejumlah penelitian mengungkapkan, polusi udara yang tinggi dapat mempengaruhi kualitas sperma. Sebab, polusi udara juga mengandung radikal bebas. Selain itu, sering terpapar suhu panas pada bagian organ intim pria juga dapat menurunkan kualitas sperma.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker