Manfaat Teh Hijau Berhubungan dengan Kardiovaskuler

Senyumperawat.com – Mengulas tentang Teh Hijau seolah selalu ada hal baru yang didapatkan. Manfaat teh hijau pun jika lebih detail lagi diteliti maka kemungkinan akan selalu ada korelasi dengan penyakit-penyakit dalam tubuh. Sebelumnya telah dibahas dalam website ini tentang manfaat teh hijau sebagai antikanker, kini akan dibahas manfaat lain dalam teh hijau.

Teh hijau mengandung Theanine dan catechin. Fungsi dari kedua senyawa tersebut cukup banyak. Secara fisiologi, fungsi Theanine dan Catechin berhubungan dengan sistem Kardiovaskuler.

Manfaat Theanine dan Catechin dalam teh hijau:

  1. Memperlancar peredaran darah
  2. Mencegah obesitas
  3. Mencegah stroke
  4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat teh hijau yang berkenaan dengan sistem kardiovaskuler akan terasa jika diminum selama atau setelah makan. Saat kondisi tersebut, teh hijau dapat melunakkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Catechin mempunyai efek kuat dalam melawan radikal bebas, berguna mencegah dan mengobati kanker. Para ahli di Institut Penelitian Industri Sayuran dan Teh Jepang menunjukkan bahwa teh hijau bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakkan sel kanker, juga melindungi dari metastasis (penyebarluasan) sel kanker.

Dr. Hirota Fujiki yang merupakan Direktur Saitama Cancer Research Institute, Jepang memberikan tips cara meminum teh agar manfaat teh hijau lebih terasa. Ia menganjurkan untuk minum teh setidaknya 100 ml dalam sehari. Selain manfaat teh hijau di atas, ada pula percobaan yang menunjukkan bahwa teh hijau berguna untuk tindakan kuratif pada kasus hepatitis, nefritis, desentri.

Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *