Macam-Macam Obat Anestesi Intravena

Anestesi adalah tindakan untuk membuat pasien tertidur, bahasa yang sering dikenal masyarakat kurang lebih seperti itu. Padahal seorang petugas anestesi bertanggung jawab bukan hanya menidurkan pasien tapi juga hingga pasiennya bangun. Dalam memberikan anestesi, ada banyak teknik induksi yang bisa digunakan. Induksi anestesi dapat dilakukan dengan intravena, intramuscular, inhalasi, per rektal, steal induction. Untuk induksi anestesi intravena, ada macam-macam obat yang biasa digunakan di rumah sakit.

Macam-macam obat anestesi intravena

Thiopental

Dikemas dalam bentuk bubuk berwarna kuning berbau belerang. Biasanya dikemas dalam ampul 500 mg atau 1000 mg. Penggunaannya dengan diencerkan menggunakan aquades steril sampaikan kepekatan 2,5 % (1 ml = 25 mg). Dosis thiopental adalah antara 3-7 mg/kg dan dihabiskan dalam 30-60 detik. Sifat dasar dari thiopental ini adalah alkalis. Akan terasa sangat nyeri ketikan dimasukkan secara IV, terlebih lagi ketika masuk arteri. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan suntikan lidokain.

Thiopental akan memberikan efek sesuai dengan dosis yang diberikan. Obat ini dapat mengakibatkan penurunan aliran darah ke otak. Namun dapat melindungi otak dari kekurangna oksigen. Pada dosis rendah, dapat menjadi anti analgetik.

Propofol

Propofol dikemas dalam bentuk cairan emulsi lemak berwarna putih susu. Sifatnya isotonis dengan kepekatan 1%. Induksi melalui IV dapat menimbulkan nyeri. Untuk mengatasinya dapat diberikan terlebih dahulu lidokain.

Ketamine

Ketamine kurang digemari untuk induk karena sering menimbulkan takikardi, hipertensi, hipersalivasi, nyeri kepala, mula muntah dan pandangan menjadi kabut. Untuk mengurangi salivasi akibat obat ini, dapat disiasati dengan pemberian midazolam atau diazepam.

Opioid

Golongan opioid dapat berupa morfin, petidin, fentinil dan sufentanil. Opioid tidak mengganggu kardiovaskular sehingga sering digunakan pada pasien dengan kelainan jantung.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker