Penting Untuk Para Ibu, 5 Pekerjaan Ini Beresiko Terhadap Kondisi Janin

Senyumperawat.com – Ada beberapa tempat kerja yang masih mempekerjakan karyawatinya meskipun dalam kondisi hamil. Hal ini ternyata beresiko buruk ibu hamil tersebut. Berdiri terlalu lama akan berakibat fatal terhadap kondisi janin dalam kandungan sang ibu.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ada hubungan antara lingkungan kerja dengan ukuran bayi. Hasil riset ini dipublikaskan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine, para peneliti mengungkapkan kaitan antara lingkungan pekerjaan dan ukuran bayi.

Beberapa profesi yang menuntut untuk berdiri lama diantaranya:

  1. Guru
  2. Koki
  3. Kasir
  4. Peneliti
  5. Perawat

Penelitian ini melibatkan 4.600 perempuan. Penelitian dilakukan dengan desain kualitatif. Para responden diwawancarai seputar pekerjaan mereka seperti misalkan berapa lama mereka berdiri, berjalan, atau jam kerja mereka setiap harinya. Tidak cukup di situ, kondisi janin pun diperiksa. Bahkan setelah lahir juga diukur antropometri bayi.

Hasil riset tersebut menyatakan bahwa ukuran lingkar kepala bayi setelah lahir pada ibu yang terlalu lama berdiri saat hamil lebih kecil daripada bayi ibu yang tidak terlalu lama berdiri.

Disimpulkan pula bahwa wanita yang bekerja lebih dari 40 jam dalam sepekan berpengaruh pada lingkar kepala bayi setelah lahir. Ukuran lingkar kepala bayi lebih kecil daripada wanita yang bekerja dalam sepekannya tidak lebih dari 25 jam dalam sepekan.

“Memang belum jelas, tetapi ada indikasi bahwa lingkar kepala yang kecil berdampak negatif pada perkembangan otaknya,” kata Alex Burdorf dari Erasmus University Medical Center.

Meskipun penelitian ini menyatakan demikian, tidak lantas membuat para ibu ketakutan. Ibu yang ketika hamilnya mengisi dengan aktivitas fisik yang cukup justru baik bagi ibu dan janin. Tapi perlu diingat, cukup bukan berlebih. Manfaatnya seperti mempermudah proses persalinan, meningkatkan metabolisme, melatih otot-otot tubuh ibu dan lain sebagianya.

Jangan sampai disepelekan untuk senantiasa memeriksakan kondisi kandungan. Sesuaikan dengan jadwal yang telah disepakati dengan dokter atau bidan. Jika akan melakukan aktivitas yang dirasa membutuhkan energi banyak dan berat maka lebih baik konsultasikan terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Mencari referensi lewat internet tidak masalah namun tetap konsultasikan kembali dengan dokter atau bidan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker