Klasifikasi Afasia (Gangguan Berbahasa) Pada Pasien Stroke

Senyumperawat.com – Gangguan berbahasa atau mengucapkan kata-kata biasa disebut dalam istilah medis dengan Afasia. Klasifikasi Afasia pun bisa dibagi dalam beberapa jenis. Istilah Afasia secara mendasar adalah perubahan verbal seseorang yang sebelumnya normal namun karena penyebab tertentu berubah menjadi sulit untuk mengungkapkan sesuatu. Berbeda dengan Disfasi yang merupakan gangguan berbahasa akibat gangguan kongenital atau gangguan perkembangan bahasa sejak kecil.

Gangguan dalam berbahasa seperti Afasia biasa dijumpai pada pasien Stroke. Klasifikasi Afasia pun ada beberapa macam berdasarkan penyebab dan ciri khususnya yaitu modalitas bahasa.

Klasifikasi Afasia menurut Goodglass dan Kaplan:

1. Afasia Broca

Disebut juga sebagai Afasia Motorik. Pemahaman auditorik terbilang baik, bicara pun spontan namun tidak lancar dan kadang parafasia, penamaan terganggu, pengulangan terganggu, membaca pun sering terganggu dan disgramatikal. Lokasi lesi yang menyebabkan Afasia Broca adalah bagian posterior dari Girus Frontalis Inferior atau area Broca’s (area 44, area Brodmann) kiri.

2. Afasia Wernicke

Ditandai dengan pemahaman yang sangat terganggu, bicara spontan dan lancar, penamaan terganggu, pengulangan terganggu, membaca dan menulis terganggu. Lokasi lesi pada Regio Temporalis Superior Sinistra, kadang pula meluas hingga Regio Parietalis Inferior Sinistra.

3. Afasia Konduksi

Ditandai dengan pengulangan sangat terganggu, pemahaman baik, bicara lancar tapi kadang ragu-ragu, penamaan kadang terganggu, membaca dan menulis terkadang terganggu. Lokasi lesi pada Fasikulus Arkuatus Sinistra. Fungsi dasarnya adalah sebagai jaras yang menghubungkan antara daerah temporal yang paling belakang dengan korteks assosiasi lobus frontalis.

4. Global Afasia

Ditandai dengan semua modalitas bahasa mengalami gangguan. Tanda lainnya seperti Hemiparese kanan, Hemihipestesia kanan dan Hemianopsia kanan. Lokasi lesi pada daerah Sylvian dan sekitarnya dengan luas lesi sekitar 3,9 – 5,8 cm setara 5 Slices pada pemeriksaan CT Scan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker