Kalau Lagi Kepedasan, Jangan Minum Es Tapi Minum Susu

0

Senyumperawat.com – Minum es adalah tindakan yang sangat umum dilakukan tatkala seseorang kepedasan. Baik makan bakso, mi ayam, ayam bakar atau makanan apa pun pasti di sebelahnya sudah sedia es teh atau es jus. Padahal, untuk meredakan rasa pedas di lidah yang paling tepat adalah dengan minum susu.

Minum air sebenarnya justru memperparah rasa pedas. Sama seperti halnya menyebarkan rasa pedas itu menjadi semakin meluas. Ada satu zat yang terkandung dalam cabai yang merupakan penyebab rasa pedas ini. Sebenarnya lebih tepatnya sensasi panas yang muncul. Zat Capsaicin merupakan zat tanpa warna dan bau yang terkonsentrasi di sekitar jaringan cabai.

Zat Capsaicin ini menyebabkan reseptor TRPV1 (Transient Receptor Potential Vanilloid 1) bereaksi. reseptor TRPV1 (Transient Receptor Potential Vanilloid 1) menangkap adanya stimulus berupa zat panas seperti air mendidih. Seketika reseptor ini mengirimkan sinyal ke otak bahwa makanan tersebut berpotensi merusak karena stimulus panasnya. Maka seperti halnya sebuah robot pemadam kebakaran, otak pun merespon untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin. Maka saat itu lidah akan mengalami hipersalivasi, mata berair dan hidung pun mengeluarkan sekret.

Zat Capsaicin tersusun dengan rantai gugus karbon (C) yang panjang. Menurut para pakar, molekul non-polar akan larut dengan molekul non-polar lainnya. Produk susu yang mengandung molekul non polar. Oleh karenanya, susu akan melarutkan capsaicin dan membasuhnya dalam mulut. Hal ini akan melegakan mulut dari rasa terbakar karena cabai.

Produk susu juga mengandung protein casein yang menarik molekul capsaicin. Susu dan es krim secara aktif menarik molekul capsaicin dari reseptor TRPV1 dan melarutkannya. Susu dan es krim ini merupakan penutup yang pas setelah makan pedas.

Semakin sering kita makan pedas, semakin besar toleransi yang kita miliki terhadap rasa pedas. Hal ini dikarenakan reseptor TRPV1 di lidah menjadi kurang sensitif ketika makanan pedas disantap terus menerus.

Tinggalkan Komentar