Kabar Baik Bagi Muslim Indonesia, Zona Industri Halal Akan Dikembangkan di Pulau Jawa

0

Senyumperawat.com – Kabar baik bagi kaum muslimin di Indonesia. Kementerian Perindustrian akan merilis zona industri halal di Pulau Jawa. Zona Industri halal yang akan dikembangkan meliputi industri makanan, kosmetik hingga pakaian mau pun industri kulit.

“Kami pilih industri yang sudah eksisting di Pulau Jawa. Rancangannya sudah ada, memang rantainya panjang” kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Imam Haryono di Jakarta, Senin dikutip Antaranews (24/12/2015).

Unsur halal yang dimaksud dalam zona industri halal meliputi semua aspek. Maksudnya adalah mulai dari produksi, distribusi hingga masuk ke proses jual beli dilakukan secara halal. Misalkan ada satu aspek tidak halal, maka itu belum dijamin halal.

“Sebuah industri makanan yang sudah dijamin kehalalannya, namun pendistribusiannya menggunakan kendaraan yang ada unsur tidak halal, maka kawasan tersebut belum dijamin halal”, lanjut Imam.

Pangsa pasar yang dibidik bukan hanya dalam negeri. Sektor ekspor juga akan menjadi bidikan Kementerian Perindustrian.
“Tentu kami juga mempertimbangkan pasar ekspor. Karena masih jarang juga kawasan industri halal,” kata Imam.

Dalam hal ini, Kemenperin akan menyusun aturan yang akan dijadikan rujukan untuk mengimplementsikan rancangan tersebut. (Destur/Antaranews)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.