Jangan Pernah Sepelekan Jadwal Menimbang Bayi Rutin

Senyumperawat.com – Menimbang bayi adalah salah satu kegiatan rutin seorang ibu. Ibu setiap harinya merawat sang bayi agar berat badannya sesuai dengan usia tumbuhnya. Menimbang bayi dilakukan setiap ada Posyandu balita. Ada pula keluarga yang memiliki dokter anak sendiri sehingga kapan pun mereka mau, mereka bisa berkunjung dan mengetahui tumbuh kembang anak.

Kegiatan menimbang bayi bukan hanya untuk melihat tumbuh kembang anak, namun juga untuk mempererat hubungan antara ibu dan anak. Dalam menimbang bayi, akan diketahui laju pertumbuhan bayi. Status gizi pun akan diketahui dengan membandingkan pada buku MTBS.

Salah satu manfaat diketahuinya berat badan bayi adalah ketika akan memberikan obat. Jika suatu ketika bayi sakit, dosis obat dapat disesuaikan. Jika bayi mengalami berat badan di bawah seharusnya pada usianya saat itu, maka akan diketahui dengan mudah berapa nutrisi yang dibutuhkan untuk terapi berikutnya.

Menimbang bayi biasanya dilakukan setiap bulan sekali. Tapi tidak semua bayi mendapatkan perlakuan sama. Seperti misalkan bayi BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Kondisi bayi prematur biasanya mengalami BBLR. Hal ini membutuhkan perlakuan khusus untuk meningkatkan status gizi si kecil. Mulai dari perawat dalam inkubator dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, bayi akan mengalami kenaikan berat badan hingga dua kali lipat tatkala umurnya menginjak 6 bulan. Kemudian pada usia 12 bulan, berat badannya akan meningkat hingga tiga kali lipat dari beratnya saat lahir. Saat melakukan penimbangan, akan diukur pula lingkar kepala, lingkar dada, perut, pinggang, tangan dan kaki si kecil.

Tatkala ditimbang, harus diperhatikan oleh tenaga medis dan sang ibu. Beberapa hal yang mesti dilakukan pada bayi saat ditimbang. Jangan kenakan pakaian tebal. Biasanya, bidan meletakkan handuk tebal di atas timbangan. Namun tentunya sudah ditentukan dulu nilai berat handuk tersebut. Kemudian saat ditimbang, bayi tidak dikenakan pakaian sama sekali. Jika kondisi bayi sedang demam atau kurang sehat, dapat dipakaikan pakaian hangat namun sebelumnya ditentukan dahulu berat pakaian tersebut agar berat bayi benar-benar terhitung dengan detail.

Pos terkait