Jangan Asal Pasang, Efek Samping Behel Bisa Bikin Gigi Rusak

Senyumperawat.com – Efek samping behel bukanlah hal baru dalam dunia kesehatan. Bahkan sebagian dokter pun menganjurkan untuk tidak sembarangan memasang atau menggunakan behel. Jika salah pemasangan atau perawatan, bisa jadi penyebab kerusakan gigi. Namun memang, pemasangan dan perawatan behel di dokter gigi lebih mahal. Tapi harganya setara dengan hasil yang diinginkan yakni gigi menjadi lebih rapi.

Berbeda kasus dengan penggunaan behel hanya untuk gaya. Efek samping behel akan lebih beresiko pada kasus ini. Behel yang digunakan untuk gaya selain dalam Islam diharamkan, dalam dunia medis pun telah diperingatkan akan efek samping behel. Gigi bisa jadi berlubang karena salah pemasangan atau perawatan. Terlebih kini behel banyak dijual bebas dengan pemasangan yang di luar lisensi dokter.

Dikutip dari laman Kompas, Drg. Dwi Anie Lestari yang telah meraih gelar Spesialis Ortodonti mengatakan bahwa menggunakan kawat gigi tanpa adanya masalah susunan gigi justru bisa menimbulkan masalah baru pada kesehatan gigi.

“Pakai kawat gigi salah satu keluhannya adalah sulit membersihkan gigi. Kalau pasien tidak membersihkan dengan baik, pasang kawat gigi malah bisa bikin gigi berlubang,” ujar Dwi dalam acara Formula Orthodontic di Jakarta, Senin (14/12/2015).

“Jika pemasangannya tidak pas, susunan gigi yang sudah baik bisa malah berubah. Atau bisa jadi susah mingkem,” kata Dwi.

Untuk itu, pemasangan kawat gigi harus dilakukan okeh dokter gigi spesialis ortodontis. Menurut Dwi, jika tidak ada susunan gigi yang bermasalah, maka tidak perlu memasang kawat gigi.

“Kalau asal pakai behel, hasilnya bisa enggak baik. Waktu juga dirugikan. Jadi enggak usah ikut-ikutan teman pasang behel. Kawat gigi bukan aksesori,” imbau Dwi. (Destur/Kompas Health)

Pos terkait