Sesuai Redaksi Hadits, Para Ilmuwan Prediksi Curah Hujan Kian Turun di Masa Depan

Senyumperawat.com – Fenomena-fenomena akhir zaman mulai bermunculan. Mulai dari kemarau panjang di tahun 2015 ini hingga beragam perubahan iklim yang kian tidak dapat diprediksi lagi. Fenomena aneh berupa suara mirip terompet beberapa waktu silam pun menghebohkan. Para ilmuwan Meteorologi dan Geofisika memperkirakan bahwa curah hujan di Bumi kian menurun.

Pemanasan global menjadi penyebab utama menurut para ilmuwan. Fenomena tersebut berbeda dengan pemanasan di masa lalu yang justru meningkatkan curah hujan. Seperti yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature, ilmuwan mengungkapkan bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh gas rumah kaca dari aktivitas manusia memiliki dampak berbeda dari pemanasan yang hanya disebabkan oleh peningkatan radiasi Matahari.

Prediksi ini sudah dipublikasikan sejak 2013 lalu. Faktanya, di tahun 2015 ini, curah hujan menjadi sulit diprediksi. Kemarau panjang yang dialami semakin parah.

“Untuk peningkatan temperatur yang sama, pemanasan akibat radiasi Matahari saja akan memicu curah hujan lebih tinggi daripada gas rumah kaca,” papar peneliti dalam publikasinya di Nature, seperti dikutip AFP, Rabu (30/1/2013).

“Dengan lebih sedikit curah hujan (akibat pemanasan karena gas rumah kaca) maka berarti secara rata-rata ada potensi peningkatan kekeringan,” kata Bin Wang, peneliti dari International Pacific Research Center, University of Hawaii, yang terlibat riset.

Radiasi Matahari bisa meningkat karena aktivitas vulkanik, label aerosol di atmosfer, dan perubahan orbit Bumi terhadap Matahari. Hasil riset ini menunjukkan adanya potensi turunnya curah hujan di masa depan secara global, bukan lokal.

Hal ini sudah disebutkan dalam hadits Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Jauh masa sebelum para peneliti angkat bicara. Islam telah memberikan petunjuk bahwa hujan di akhir zaman akan semakin berkurang. Selain daripada itu, kerusakan di bumi ini pun memang diakibatkan oleh perbuatan manusia sehingga kehidupan menjadi semakin sulit.

Dalam Sunan Ibn Majah, Shahih Ibn Khuzaimah dan Mustadrak al-Hakim diriwayatkan dari Abu Umamah bahwa Rasulullah Shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya menjelang kemunculan Dajjal ada tiga tahun yang sangat berat. Pada tahun-tahun tersebut, manusia dilanda bencana kelaparan. Pada tahun pertama, Allah memerintahkan langit untuk tidak menurunkan sepertiga hujannya, dan memerintahkan bumi untuk tidak menumbuhkan sepertiga tumbuhannya. Pada tahun kedua, Allah memerintahkan langit untuk tidak menurunkan dua pertiga hujannya, dan memerintahkan bumi untuk tidak menumbuhkan dua pertiga tumbuhannya. Pada tahun ketiga, Allah memerintahkan langit untuk tidak menurunkan semua hujannya, sehingga tak ada setetes pun air hujan, dan Allah memerintahkan bumi untuk tidak menumbuhkan semua tumbuhannya, sehingga tumbuhan hijau tidak tumbuh.

Akibatnya, hewan-hewan ternak semuanya binasa dan mati kecuali yang dikehendaki hidup oleh Allah.
Beliau shollallaahu ‘alayhi wa sallam ditanya, ‘Apa yang membuat manusia hidup pada zaman itu?’ Jawab beliau shollallaahu ‘alayhi wa sallam, “Tahlil, takbir, tahmid. Itu semua mencukupi mereka seperti halnya makanan”.

Share

This website uses cookies.