Guru Besar UI Usul Harga Rokok Naik 5 Ribu, Keuntungannya Masuk Ke BPJS

Senyumperawat.com – Harga rokok diusulkan naik kira-kira Rp 5 ribu. Hal ini dilakukan untuk memenuhi target pelayanan kesehatan yang baik. Dana hasil penjualan rokok yang dinaikkan Rp 5 ribu tersebut kemudian masuk dalam anggaran kesehatan. Hal ini menurut ketua Center for Health Economics and PolicyStudies (CHEPS), Prof Hasbullah Thabrany akan mengurangi defisit negara.

“Ketika pemerintah menaikkan harga rokok, pasti ada saja pembelinya. Sekarang, ada 67 persen penduduk yang merokok di Indonesia. Kalau dia merokok kemudian uangnya masuk jadi anggaran kesehatan, maka otomatis akan mengurangi defisit negara akibat banyaknya orang sakit,” katanya di sela-sela acara International Casemix and Provider Payment Conference Indonesia 2015‎ di Gran Sahid, Jakarta, Sabtu (19/12/2015).

Cukup unik memang apa yang disampaikan oleh Guru Besar Universitas‎ Indonesia tersebut. Diketahui bersama dalam Islam, hukum rokok adalah haram. Otomatis hasil penjualan rokok pun serupa dengan jenis barang yang dijual.

Perokok bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. “Dari 67 persen perokok, bila harganya dinaikkan Rp 5 ribu, maka ada tambahan Rp 5 triliun. Jika dana ini masuk BPJS, tentu akan cukup menanggung beban kesehatan. Cuma memang butuh perjuangan,” jelasnya dikutip dari Liputan 6.

Hasbulla‎h menambahkan, minimnya pelayanan kesehatan memang telah diprediksi jauh sebelum JKN lahir. Ketika itu, para ahli telah menghitung iuran ideal untuk masyarakat miskin atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebanyak Rp 36 ribu. Tapi ternyata pemerintah hanya sanggup Rp 19.500, jadi wajar bila saat ini anggarannya defisit.

Namun sebenarnya, kata dia, bukan itu yang menjadi persoalan karena Kementerian Keuangan juga menggelontorkan dana bantuan. “Yang penting sekarang, bagaimana mengubah mindset masyarakat untuk lebih peduli kesehatan. Dan jangan sampai ada beban di Fasilitas Kesehatan Primer atau pun rumah sakit,” katanya. (Destur/Liputan 6)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker