Gangguan Memori Pada Stroke, Confusional State (Keadaan Kebingungan)

Senyumperawat.com – Keadaan kebingungan atau Confusional State akan dialami oleh seorang penderita Stroke. Penyebab terjadinya keadaan kebingungan atau Confusional State adalah karena adanya gangguan pada memori dan mekanisme kerja otak untuk menemukan kata (word finding), pemahaman dan disertai disorientasi baik waktu, tempat mau pun personal. Hal ini menyebabkan fungsi kognitif tidak bekerja dengan baik.

Pasien dengan gangguan sistemik seperti metabolik dan toksik ensefalopati biasanya disertai dengan keadaan kebingungan ini. Pada penderita Stroke, Confusional State biasanya disertai dengan beberapa tanda.

Muat Lebih

Tanda-tanda fokal neurologi pada pasien Stroke dengan Confusional State

  1. Disfasia
  2. Gangguan visuospasial
  3. Hemianopsia
  4. Amnesia

Tanda-tanda di atas disebabkan oleh Stroke Infark pada Arteri Serebri Media dan Serebri Posterior Dextra. Penyebab paling parah bisa saja terjadi karena Multiple Lesi Bihemisfer seperti misalnya Multiple Emboli pada kedua hemisfer dan Hipoperfusi Global.

Pada pasien yang mengalami Agitasi dapat dilakukan medikasi. Obat yang biasa digunakan adalah Neuroleptik dosis rendah. Obat ini akan memperbaiki secara simtomatik.

Pos terkait