Empat Kesalahan Umum Saat Membersihkan Wajah

0

Senyumperawat.com – Wajah adalah kemuliaan dalam Islam. Bahkan seseorang dilarang melakukan pemukulan pada wajah. Oleh karenanya, wajah adalah salah satu bagian anggota tubuh yang dibasuh dalam wudhu. Ini juga menandakan bahwa wajah adalah cerminan diri seseorang. Penilaian terhadap seseorang pun dinilai pertama kali dari bagaimana ekspresi yang terpancar diwajahnya. Seorang yang rajin berwudhu akan menampakkan wajah yang bercahaya. Namun ternyata, adanya produk pembersih wajah yang beragam menjadikan beberapa masalah dalam membersihkan wajah. Membersihkan wajah pun ternyata tidak asal-asalan karena jika asal dapat merusak kulit wajah.

Beberapa di antara kesalahan dalam membersihkan wajah adalah berlebihan dalam mencucinya, terlalu kuat menggosoknya dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lebih lanjut akan kita bahas pada paragraf berikutnya kawan.

Salah memilih sabun pembersih wajah

Sabun pembersih wajah hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Ada sabun yang berfungsi menghambat produksi minyak, ada pula yang berfungsi sebatas penyegar dan ada pula yang terdapat antiseptik dalam komposisinya. Pastikan Anda memahami karakter kulit Anda. Jika kulit Anda tipikal kulit kering, maka hendaknya tidak memilih sabun pembersih wajah yang mengandung antiseptik. Saat membersihkan wajah dengan sabun wajah antisetik, wajah justru akan lebih terasa kering. Sebaliknya, lebih baik gunakan sabun wajah yang mengandung pelembab. Perhatikan petunjuk penggunaan. Biasanya ada yang menganjurkan hanya boleh dipakai maksimal 3 kali dalam sepekan.

Berlebihan dalam membersihkan wajah menggunakan sabun

Ingat, ada aturan pakai dalam setiap produk. Termasuk sabun khusus untuk membersihkan wajah. Sabun tersebut tetap memiliki efek samping. Meskipun tiap orang memberikan efek berbeda-beda. Hendaknya tidak lebih dari 2 kali dalam menggunakan sabun pembersih wajah. Selebihnya, perbanyaklah berwudhu. Selain berwudhu itu berpahala juga membuat wajah lebih bersih.

Mengusap wajah terlalu kuat

Cukup dibasuh dan jangan digosok terlalu kuat pada bagian wajah. Terlebi menggosoknya dengan menggunakan sikat, tentu berbahaya untuk kulit.

Penggunaan minyak rambut berlebihan

Minyak rambut yang berlebihan dapat mempengaruhi wajah. Ketika rambut tersebut basah, maka minyak pun akan turun hingga membasahi wajah. Hal ini dapat mengakibatkan pori-pori wajah tertutup oleh minyak rambut. Oleh karenanya, Anda perlu membilas wajah dengan sabun agar minyak tersebut tidak mengendap dalam pori-pori. (Destur)

Tinggalkan Komentar