Cara Untuk Mengetahui Proses Pembuatan STR Perawat yang Telah Diajukan

Senyumperawat.com – Registrasi STR (Surat Tanda Registrasi) Perawat secara online telah diujicobakan. DKI Jakarta dan Jawa Timur menjadi provinsi pertama yang diujicobakan. Menurut pemaparan Trihono, salah satu petinggi MTKI (Majlis Tenaga Kesehatan Indonesia) dalam akun facebook-nya, MTKI terus berbenah agar proses pembuatan STR Perawat bisa lebih mudah.

Selama ini, banyak perawat yang mengeluhkan bahwa STR Perawat sangat ribet dan lama. Bahkan ada yang berbulan-bulan belum juga dikeluarkan. Hal ini sangat merugikan karena manfaat STR Perawat sangat besar. Perawat tidak dapat melakukan praktik keperawatan sebelum memiliki sertifikat satu ini.

Muat Lebih

Dalam mengajukan STR, ada proses yang harus dilakukan yaitu:

  1. Tenaga kesehatan menyerahkan berkas usulan STR ke MTKP (Majlis Tenaga Kesehatan Provinsi, bisa melalui OP setempat atau perorangan.
  2. MTKP akan mengirimkan berkas ke MTKI
  3. Bila berkas dinyatakan lengkap, proses penerbitan STR di MTKI maksimal 1 bulan
  4. STR yang sudah diterbitkan akan dikirim via pos ke MTKP
  5. MTKP menyerahkan STR kepada yang bersangkutan.

Untuk memantau seberapa jauh proses STR Perawat tersebut, MTKI memberikan solusi praktis. Perawat yang sudah mengajukan usulan STR, bisa mengirimkan email kepada MTKI. Cukup dengan melampirkan nama dan nomor berkas yang diajukan lalu kirimkan ke email:

Hal ini akan memperjelas jika pun ternyata berkas terselip atau belum dikirimkan ke MTKI. Semuanya ada jalan jika terus diperbaiki dan berbenah. STR Perawat selama ini menjadi keluhan karena prosesnya yang lama dan tidak pasti kapan terbit. Dengan salah satu upaya ini semoga dapat dikawal dengan saling mendukung. (Destur/Trihono MTKI)

Pos terkait