Apakah Bahaya Sit Up Bisa Bikin Patah Tulang Belakang?

0

Senyumperawat.com – Bahaya Sit Up menurut sebagian orang dapat membuat tulang belakang bermasalah. Bahkan ada pula mungkin yang mengatakan bahwa Sit Up dapat membuat tulang belakang (Vertebra) patah. Ada pula yang beranggapan gerakan Sit Up misalkan membuat syaraf terjepit. Namun desas-desus tentang bahaya Sit Up ini akhirnya terbantahkan. Para praktisi olahraga pun memasukkan program Sit Up ini ke dalam program latihan kebugaran mereka dan tentunya pakar Ortopedi pun tidak mempermasalahkannya.

DR. dr. Luthfi Gatam SpOT (K)-Spine dari RS Fatmawati sebagaimana dikutip dari laman Detik Health menyatakan bahwa Sit Up justru berguna untuk memperkuat otot perut. Kekuatan otot perut dibutuhkan untuk menahan isi perut agar tidak maju, alias membuncit ke arah depan. Pernyataan ini tentu saja didasari dari analisis anatomi fisiologi. Bagi yang punya perut buncit bisa dicoba untuk melakukannya secara rutin dan tentunya dengan benar.

“Jika otot perut lemah, isi perut akan ke depan dan itu membuat postur tubuh menjadi tidak bagus karena beratnya tidak seimbang,” jelas dr Luthfi.

Kunci dari beragam manfaat Sit Up adalah gerakannya yang benar. Jika salah posisi sewaktu Sit Up dan berlebihan dalam gerakan maka bisa mencederai tulang belakang. Oleh karenanya, penting untuk dipelajari bagi yang ingin melakukan Sit Up adalah teknik. Teknik yang benar dan pemanasan sebelum latihan akan mencegah terjadinya bahaya Sit Up jika pun terjadi.

Pada dasarnya dari sisi anatomi, tiap sendi dilindungi oleh ligamen dan cairan Sinovial. Resiko cedera tetap bisa terjadi kepada siapa pun terutama yang punya resiko. Bagi orang yang punya Osteoporosis tentu tidak disarankan melakukan gerakan ini.

“Faktor risikonya banyak. Contohnya pernah cedera, usia lanjut, terlalu banyak duduk, berat badan berlebih, dan bahkan kebiasaan merokok,” jelas dr Luthfi.

“Intinya harus tahu kondisi, mengenali batas kemampuan. Dengarkan suara tubuh, itu penting. Kalau sedang tidak sehat, jangan olahraga dulu. Cek kesehatan, nanti dokter akan memberikan alternatif yang sesuai dengan kondisi saat itu,” pesan dr Michael Triangto, Sp.KO. (Destur/Detik)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.