Ada 3 Klasifikasi Epilepsi yang Perlu Dikenali

0

Klasifikasi epilepsi didasarkan pada banyak hal. Pertimbangan pembagian jenis-jenis epilepsi ini ditinjau dari ciri klinis atau jenis serangan epilepsi, gambaran Elektroensefalografi (EEG), etiologi, kelainan anatomi dan juga usia saat serangan epilepsi. Hal ini harus dipahami dengan baik agar tidak salah dalam memberikan terapi.

Ada pun klasifikasi epilepsi yang sudah dikenal diantaranya:

  1. Epilepsi parsial
  2. Epilepsi general
  3. Epilepsi tak terklasifikasi

Klasifikasi epilepsi ini dirumuskan oleh ILAE (Internasional League Against Epilepsy).

Epilepsi parsial merupakan serangan epilepsi yang terjadi secara tampak melalui perubahan hasil EKG yang menunjukkan adanya aktivitas system neuron yang terbatas di salah satu bagian otak. Pengertian serangan parsial terutama didasarkan atas ada atau tidaknya gangguan kesadaran selama serangan. Jika kesadaran tetap baik maka serangan tersebut dinamakan sebagai epilepsi parsial tipe simpleks atau sederhana. Kebalikannya, untuk kasus kesadaran yang menurun maka disebut epilepsi parsial tipe kompleks.

Epilepsi general menunjukkan pada awal serangan yang melibatkan kedua hemisfer. Kesadaran dapat menurun dan ini dapat merupakan manifestasi awal terjadinya serangan. Pola gambaran Elektroensefalografi (EEG) pada saat serangan awalnya adalah bilateral dan menunjukkan refleksi cetusan neuronal yang meluas di kedua hemisfer.

Epilepsi yang tak terklasifikasi merupakan jenis serangan yang tidak didukung oleh data yang cukup. Misalnya adalah serangan epilepsi yang terjadi pada neonates yang diperhatikan dengan adanya gerakan ritmis pada mata atau gerakan mengunyah.

Source:

  • Cockerell, O. C. & Shorvon, S. D. (1996). Epilepsy, Current Concepts. Institute of Neurology and The National Hospital for Neurology and Neurosurgery, Queen Square. Current Medical Literature Ltd. London United Kingdom.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.