Yayasan Pesantren Islam (YAPI) Bangil di Mata Ustadz Farid Okbah

Yayasan Pesantren Islam Bangil atau lebih sering disebut dengan YAPI Bangil didirikan oleh Husein bin Abu Bakar Al Habsyi pada tanggal 21 Juni 1976. Tidak hanya mengembangkan pendidikan agama seperti ilmu Al Quran, hadits, tafsir, falsafah dan mnatiq, pesantren ini juga mengembangkan kurikulum umum.

YAPI Bangil mengalami perubahan yang matang dengan membuka pendidikan Takhosus (Diniyyah) yang mengedepankan kurikulum pesantren, SMP/SMA yang memadukan kurikulum Dekdikbud dan kurikulum pesantren. Taman Kanak-Kanak (TK Plus) al Abror serta pendidikan pesantren putra yang membawahi SMP Plus, SMA Plus dan Takhosus dan pesantren putri yang membawahi SMP Plus, SMP Plus dan Madrasah Diniyah.

YAPI Bangil ini juga dikenal sebagai pesantren yang mengajarkan dan mengembangkan pemikiran Syi’ah. Beberapa alumni YAPI Bangil yang pernah mendapat beasiswa kuliah di Qum Iran adalah Umar Shahab dan Husein Shahab. Keduanya kembali ke Indonesia tahun 1970-an dan berkiprah di dunia pendidikan, di kampus, berdakwah dan menjadi pengurus MUI Pusat.

Source: Okbah, MA, Farid Ahmad (2012). Ahlussunnah Waljamaah dan Dilema Syi’ah di Indonesia Hal. 186-187. Perisai Quran: Jakarta
Editor: Destur

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker