Tindakan Dekontaminasi Racun Pada Kasus Keracunan

Tindakan Dekontaminasi Racun Pada Kasus Keracunan

Tindakan dekontaminasi racun adalah tindakan yang dilakukan untuk menghindarkan atau mengurangi pemaparan terhadap racun. Selain itu juga mengurangi absorbsi dan mencegah kerusakan. Tindakan dekontaminasi racun ini harus dilakukan dengan hati-hati. Terlebih jika sudah diserap oleh tubuh. Dekontaminasi racun diterapkan sesuai dengan bagian tubuh yang terkena racun.

Dekontaminasi pulmonal

Tindakan ini untuk menjauhkan korban dari paparan inhalasi racun. Kaji adanya kemungkinan gagal nafas dan berikan oksigen 100%. Bila perlu, berikan tindakan pemasangan ventilator mekanik.

Dekontaminasi mata

Membersihkan toksik dari mata dengan cara memposisikan kepala pasien tengadah dan miring ke sisi mata yang terkena racun. Kelopak mata dibuka dan diirigasi dengan larutan aquades atau NaCl 0,9% dengan perlahan hingga diperkirakan racun telah bersih. Berikutnya tutup mata dengna kasa steril dan segera bawa ke dokter mata terdekat.

Dekontaminasi kulit

Lepaskan pakaian, sepatu, jam dan lain sebagainya dari tubuh. Masukkan dalam kantong yang rapat lalu amankan. Cuci bagian tubuh dengan cara mandi atau disiram dengan air mengalir. Bersihkan dengan sabun hingga minimal 10 menit lalu keringkan.

Dekontaminasi gastrointestinal

Ada beberapa prosedur dasar yang perlu dilakukan sesuai bahan beracun yang dikonsumsi. Bisa dengan induksi muntah jika zat yang masuk tidak bersifat korosif, pengenceran zat di dalam lambung dengan air, aspirasi dan kumbah lambung, memasukkan arang aktif, irigasi usus dan tindakan pembedahan.

Share

COMMENTS