Solo Butuh 1000 PNS Tahun 2016, Terbuka Pendaftaran CPNS Perawat

Pemkot Solo mengajukan kebutuhan PNS untuk tahun depan. Pasalnya, Solo membutuhkan setidaknya 1000 PNS tahun 2016. Mayoritas tenaga PNS yang dibutuhan adalah guru dan perawat. Pada kesempatan ini, terbuka lebar peluang dibukanya pendaftaran CPNS Perawat.

Mengingat perkembangan dunia kesehatan yang semakin pesat, tenaga perawat sangat diperlukan. Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Solo, Hari Prihatno menyatakan bahwa BKD sedang mengajukan kebutuhan PNS di Pemkot Solo menggunakan e-Formasi. E-Formasi adalah sistem aplikasi otomatis yang digunakan untuk menyusun jumlah kebutuhan PNS tiap tahunnya. Hal ini diungkapkannya tatkala diadakan pertemuan di Batam Oktober lalu.

“Saat ini, kami masih menyelesaikan e-Formasi secara online yang masih 80 persen. Jadi, kami belum bisa menentukan jumlah usulan ke Kemenpan karena masih proses. Kami menyadari pemerintah pusat tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan kami, tetapi setidaknya ada pengisian di sejumlah bidang yang penting,” katanya kepada Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (12/11/2015).

Penggunaan sistem e-formasi sangatlah mudah. Didalamnya dapat dijumpai peta jabatan, jumlah pegawai, posisi penempatan pegawai, alokasi kekurangan dan kelebihan pegawai.

Hari juga mengatakan bahwa mayoritas kebutuhan pegawai yang akan diusulkan adalah tenaga pendidik (guru) dan perawat.

Dibukanya pendaftaran CPNS perawat dan guru tahun 2016 merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan yang cukup banyak.

Tes yang akan diadakan untuk CPNS tahun depan, masih sama seperti tahun lalu berupa computer assisted test (CAT). Rencananya, ada dua tes berupa tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB).

“Berbeda dari tahun lalu yang hanya TKD, tahun depan seleksinya lebih ketat karena ada TKB. Sebab, dari hasil CPNS tahun lalu, ada keluhan dari beberapa daerah jika para pegawai baru itu kurang memiliki perilaku yang baik. Padahal, PNS adalah abdi negara yang melayani masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, mengatakan kekurangan pegawai di bidang pendidikan terutama guru SD. “Kami berharap pada CPNS tahun depan, kekosongan tenaga pendidik dan tenaga teknis bisa terpenuhi secara bertahap,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Source: Solopos
Editor: Destur

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

4 Comments

  1. Berapakah batasan umur yg di pakai utk mendaftar CPNS perawat di solo? Saya sndiri sdh berumur 40 thn di thn 2016…apakah masih ada kesempatan untuk saya

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker