Sifat Seperti Ini Dekat dengan Surga

0

Dekat dengan Surga adalah sebuah karunia yang tiada duanya. Tidak ada seorang pun yang menolak untuk didekatkan dengan tempat tujuan akhir paling indah ini. Rahasia satu per satu untuk bisa memasuki Surga telah banyak diulas dalam Al Quran dan Sunnah. salah satunya adalah sifat terbaik yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Sifat mulia tersebut adalah dermawan. Dekat dengan Surga denga sifat dermawan adalah hal yang tidak mudah. Tidak semua orang bisa dengan ringan mengeluarkan uang dari dompetnya.

Menyikapi hal ini, Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam melarang umatnya untuk berlaku kikir. Sifat pelit ini akan menjauhkan seseorang dari Surga. Bahkan dalam berlaku kikir atau bakhil, dapat mengantarkan pemilik sifat ini menjadi beringas hingga menghalalkan apa yang diharamkan oleh Allah hanya untuk meraup harta sebanyak-banyaknya.

Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
“Jauhilah sifat kikir, sebab ia telah membinasakan orang-orang sebelum kalian. Ia menyebabkan mereka menumpahkan darah dan menghalalkan hal-hal yang diharamkan atas mereka.” [HR. Muslim (2578) dan Ahmad (III/323) dari Jabir]

Secara jelas dalam sebuah hadits Ghorib,¬†Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam memberikan gambaran betapa dekatnya Allah dengan para dermawan. Bukan hanya Allah, para manusia hingga bahkan Surga pun didekatkan kepada kaum muslimin yang dermawan dengan harta yang Allah titipkan kepadanya.

Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
“Orang dermawan dekat dengan Allah, surga, manusia dan jauh dari neraka. Sedang orang bakhil jauh dari Allah, manusia dan dekat dengan neraka. Dan sungguh orang bodoh yang dermawan adalah lebih disukai Allah daripada seorang ahli ibadah yang bakhil.” [HR. Tirmidzi (1961), hadits Ghorib]

Pada penutup hadits tersebut,¬†Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam menyatakan bahwa orang yang bodoh tapi suka mendermakan hartanya justru lebih baik daripada orang yang sholih tapi melalaikan muamalah dengan manusia yang lain. Dekat dengan Surga bukan sembarang pahala. Oleh karena itu, banyak sekali ladang amal yang kini terbuka. Yayasan sosial tumbuh dan berkembang baik untuk menyalurkan zakat, infaq dan sodaqoh kaum muslimin. Cukup memberikan solusi untuk dapat menjadi salah orang yang dekat dengan Surga.

Tinggalkan Komentar