Seorang Perawat Muslimah Gaza Menjadi Salah Satu dari 100 Perempuan Inspiratif di Dunia

0
perawat muslimah
Ilustrasi dokter muslimah bercadar

BBC telah merilis sebuah data yang menunjukkan tokoh-tokoh perempuan inspiratif di dunia. Menurut data yang dilaporkan BBC, ada 100 perempuan di seluruh dunia yang telah memberikan inspirasi bagi banyak orang. Salah satunya adalah seorang perawat asal Gaza, Palestina. Perawat muslimah Gaza tersebut bernama Azza Jadalla.

Klasifikasi usia yang termasuk dalam 100 perempuan inspiratif tersebut ada yang berusia 15 tahun hingga 91 tahun. Para perempuan inspiratif 2015 tersebut memiliki spesialisasi masing-masing.

Selain perawat, ada pula model, artis, penyanyi dan lain sebagainya. Ada pula salah satu petugas penyuluh kesehatan asal Ethiopia yang menjadi salah satu perempuan inspiratif di dunia. Ia adalah Misraa Jimaa.

Misraa sebelumnya telah melalui jenjang pelatihan selama setahun dalam bidang kesehatan, khususnya tindakan preventif. Ia membantu mendidik masyarakat tentang masalah kesehatan, keluarga berencana, vaksinasi dan gizi, dan bekerja terutama dengan ibu dan anak-anak. Misraa senantiasa menutup aurat dengan jilbabnya meskipun tantangan kerja begitu beragam.

Berbeda dengan Azza, perawat muslimah asalĀ Gaza. Ia merupakan kepala perawat di ruang bangsal termuda di Gaza. Kini ia bekerja sebagai kepala perawat bangsal di Rumah Sakit Shifa.

Bekerja sebagai seorang perawat muslimah Gaza yang setiap harinya hidup di tengah kepungan Zionis Israel, Azza tetap menjalaninya dengan bermodalkan keimanan. Mulai dari ancaman terkena rudal hingga pemutusan arus listri, pemboikotan yang membuat pasokan bantuan obat-obatan terhalang dan lain sebagainya. Perawat muslimah Gaza yang dengan teguh mengenakan jilbabnya ini bekerja di bangsal Hematologi rumah sakit tersebut.

Ke-100 perempuan inspiratif berasal dari berbagai belahan dunia. Mulai dari Li Tingting, pegiat di Cina, Eveles Chimala yang merupakan bidan di Malawi, Jana el-Hassan, seorang novelis Libanon, sampai Megan Grano yang berprofesi sebagai komedian.

Menjadi sosok yang memberikan inspirasi bagi dunia bukanlah tanpa proses. Mereka telah melalui setiap proses tersebut sehingga menorehkan prestasi yang mendunia. Masih banyak selain 100 perempuan inspiratif ini yang kemungkinan belum masuk dalam data BBC.

Seluruh data terkait para perempuan inspiratif tersebut telah dirilis dalam laman BBC beserta klasifikasinya. Data dapat dilihat di sini.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.