Profesi Perawat Adalah Profesi dengan Tingkat Stres Tinggi

Sebuah riset terbaru tentang pekerjaan yang dapat menimbulkan stres. Tercatat dari hasil penelitian tersebut bahwasanya perawat termasuk dari salah satu profesi dengan tingkat stres tinggi. Profesi perawat memang selalu berhadap langsung dengan pasien. Oleh karenanya, sedikit saja kesalahan yang dilakukan oleh perawat maka pasien pun akan langsung melakukan protes. Tekanan yang dihadapi oleh perawat pun tidaklah ringan. Baik karena terkadang pasien tiba-tiba membludak, sikap pasien yang kurang bisa diajak kerja sama pun membuat tingkat stres semakin tinggi bagi profesi perawat.

Seperti dilansir Metro.co.uk bahwasanya penelitian ini melibatkan 137.782 responden. Metode penelitian ini menggunakan studi korelasi. Variabel yang dihubungkan adalah antara pekerjaan atau profesi dengan resiko terjadi penyakit Stroke. Variabel yang diteliti terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi stres diantaranya waktu pekerjaan, tekanan mental yang dialami dan beban koordinasi.

Selain profesi perawat, pelayan restoran ternyata lebih tinggi tingkat stresnya daripada profesi lain. Dengan tingkat stres yang sangat tinggi, pelayan restoran dan perawat memiliki risiko penyakit stroke 22 persen lebih tinggi dari pada profesi lain. Meskipun tidak dipungkiri bahwa profesi lain tetaplah memiliki tingkat resiko stres yang tinggi pula.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

2 Comments

  1. bs dkatakan profesi yg blm jls kedudukan nya di mata masyarakat&pemerintah dg paradigma keperawatan itu sndri yg mencoba mengaktualisasi eksistensi nya di duni medis tapi sungguh miris nasib nya bs dkatakan sbg ban serep.dberi wewenang ketika dibutuhkan.ketika melakukan kesalahan dkembalikan lg kodr etik dan kompetensi yg sharusnya bgni bgtu bla bla bla….dg tjgt pndidikan n kesulitan n mahalanya pendidikan perawat tp tdr sesuai dg apa yg ddapatkn didunia kerja baik scara financial atw secara peran dimata masyarakat.perawat serasa dikebiri bisa tp di belenggu oleh aturan2.gunakan atau tiadakan profesi perawat sekalian.biar smw tau dunia tanpa perawat bagai rumah sakit tanpa pasien.brbagai pembenahan diseluruh aspek terutama penyelenggara pendidikan yg hanya mengutamakan bisnis dr pd kualitas lulusan perwt mnjdikan perawat bkn profesi yg mahal krn kuliahnya pun mudah asal punya uang saja.ttpi tdk disertai kemampuan akademik dan praktik yg mumpuni sehingga ketika terjun diduni kerja mnjdi perawat yg tdk berkualitas dan mirisnya itu trjadi diseluruh daerah diindonesia.shga profesi qt dianggap enteng krn kuantitas tdk dbarengi dg kualitas.bgmn profesi ini bs maju n dpercaya mengemban tanggung jawab.kl tdk dr skrg mgkn selamanya perawat hanya jd perpanjangan tangan berbagai profesi kesehatan.profesi yg serba bosa berubah jd profesi ban serep.sedih…..

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker