Pemprov Lampung Butuh 1.725 PNS Pada Pendaftaran CPNS Lampung 2016

0
Ilustrasi tes CPNS

Pemerintah provinsi Lampung membutuhkan setidaknya 1725 PNS pada tahun 2016. Pada tahun 2016 kelak akan dibuka kembali pendaftaran CPNS. Dalam hasil pendataan e-formasi yang telah dikaji, angka kebutuhan PNS di Lampung cukup tinggi. Pendaftaran CPNS 2016 akan dibuka secara besar-besaran. Kendati demikian, kuota CPNS Lampung 2016 belum diketahui akan mendapatkan jumlah berapa.

Rumus yanng digunakan sehingga menghasilkan angka kebutuhan PNS 2016 Lampung tersebut adalah hasil penghitungan yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung. Angka kebutuhan ini didapatkan dari penghitungan dengan Rumus (Analisis Beban Kerja [ABK] tahun 2015 – Jumlah PNS Riil) + Batas Usia Pensiun (BUP).

Kepala BKD Provinsi Lampung, Zaini Nurman saat ditemui diruang kerjanya Selasa (17/11/2015), didampingi Sekretaris BKD Lampung M.Usman, menegaskan jumlah itu merupakan angka kebutuhan PNS di lingkungan pemprov Lampung bukan kuota yang dimintakan ke Kemenpan-RB, dilansir Lampost (18/11/2015).

“Angka kebutuhan ini berdasarkan analisis kebutuhan dan beban kerja di 52 satker Pemprov. Kalau untuk kuota kan tergantung APBN dan dari kementerian. Kita juga gak bisa berandai-andai mana angka yang dipakai apakah kekurangan pegawai di 2015 atau 2016 yang menjadi patokan,” kata mantan Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Lampung ini.

“Data jumlah PNS ini kan berubah terus karena ada yang mutasi. Kalau untuk jumlah yang akan pensiun itu sudah pasti, ditahun 2016 akan ada 257 PNS yang memasuki masa pensiun,” kata pria yang akran disapa Zaini ini.

“Kita enggak tahu berapa yang dikasih. Kalau dulu kan kita mengajukan jumlah yang diminta, kalau sekarang angka kekurangan pegawai saja. Kalau melihat pegawai ada yang karena pensiun, meninggal, dan mutasi ini yang menyebabkan kekurangan pegawai,” kata Zaini.

Kuota CPNS Lampung 2016 secara resmi belum diketahui berapa jumlahnya. Namun dari tingkat kebutuhan akan tenaga PNS, di Lampung cukup membutuhkan banyak. Hal ini tentunya akan menunjang kinerja dan pemerataan pegawai negeri sipil di provinsi yang khas dengan tari sembah tersebut.

Tinggalkan Komentar