Pelayanan RSUD Polman Kurang Baik, Jenazah Membusuk

Sebuah tragedi mengenaskan tentang pelayanan rumah sakit yang kurang baik kembali terjadi di Sulawesi Barat. Jenazah yang sejatinya sementara diinapkan di kamar jenazah ternyata nyaris membusuk. Jenazah tersebut sudah dibiarkan selama 12 jam tanpa diberikan perlakuan semestinya sehingga jenazah membusuk.

Seperti diberitakan Sindonews (22/11/2015), RSUD Polewali Mandar membiarkan jenazah selama 12 jam hingga hampir membusuk.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, jenazah Nenek Toti (75) yang tertahan di RSUD Polewali Mandar sejak Minggu (22/11/2015) dini hari tadi sejatinya harusnya dipulangkan ke kampung halamannya di Desa Osango, Kecamatan Mamasa.

Namun karena seluruh mobil ambulans di rumah sakit ini dalam kondisi rusak, jenazah tersebut dibiarkan hingga nyaris membusuk. Pihak keluarga yang kecewa pun nampak sedih dan menangis, namun tidak berdaya.

Dua unit mobil ambulans yang sehari-harinya digunakan untuk mengantar jenazah tampak rusak dan hanya teronggok di halaman rumah sakit. Sementara satu unit mobil ambulans yang kondisinya bagus tidak bisa dikeluarkan dengan berbagai alasan.

Selain ambulance yang rusak, sejumlah obat-obatan termasuk formalin yang biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah agar tidak rusak dan busuk juga tidak diberikan dengan alasan stok obatnya tidak tersedia.

Alhasil, pihak keluarga harus bersusah payah mencari formalin dari rumah sakit ke rumah sakit lainnya. Namun hasilnya juga nihil. Setelah tertahan hampir 12 jam, jenazah mulai membusuk dan akhirnya diantar menggunakan mobil ambulans swasta.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker