Pelanggaran HAM, Pemerintah Senegal Terapkan Larangan Cadar Bagi Muslimah

Islam telah membuat takut kaum kafir dari segala aspek. Setelah diberbagai negara seperti Prancis yang telah lama melarang para muslimah memakai cadar, kini Senegal pun ikut-ikutan membuat kebijakan semisal. Larangan cadar bagi muslimah ini diterapkan dengan alasan kekhawatiran terhadap teroris (sebutan orang kafir untuk Islam).

Menteri Dalam Negeri Senegal, Abdoulaye Dauoda mengatakan perempuan tidak lagi diizinkan menggunakan pakaian Muslim yang hanya memperlihatkan mata.

Negara ini sebenarnya mayoritas beragama Islam. Ketakutan kaum kafir atas perkembangan Islam menyebabkan segala macam cara digunakan untuk mengebiri Islam. Salah satu cara yang mereka terapkan adalah membuat kebijakan larangan cadar bagi muslimah.

Dikutip dari Guardian, Daouda mengatakan keputusan tersebut diambil untuk mencegah penyalahgunaannya oleh teroris. Senegal adalah negara dengan 92% populasinya beragama Islam.

Kamerun dan Chad pun tidak kalah saing dengan Senegal. Negara-negara mayoritas muslim ini dengan tegas menerapkan kebijakan larangan cadar bagi muslimah. Pemerintahan rezim kafir ini telah melakukan pelanggaram HAM Internasional namun tidak mendapatkan sanksi dari PBB.

Menurut pengamat senior Martin Ewi dari Institute for Security Studies, Senegal hanya mengikuti tren. Menurutnya, larangan tersebut akan sulit diterapkan meski telah terbukti efektif di dua negara tersebut.

Padahal tidak mendapatkan serangan dari teroris (Islam), namun pihak otoritas mengkhawatirkan kelompok militan Boko Haram sedang mencoba memperluas wilayah serangannya. Bulan ini, polisi menangkap lima orang yang diduga memiliki hubungan dengan Boko Haram.

Larangan penggunaan burqa juga mengundang perdebatan di Senegal antara keamanan nasional dengan kebebasan beragama.

“Penerapannya di Senegal akan menimbulkan instabilitas sosial, ada garis pembatas antara pencegahan dan menghargai kebebasan individu,” kata peneliti Khadim Mbacke.

Source: Republika
Editor: Destur

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker