Obat Batuk Herbal yang Melegenda, Jeruk Nipis

Batuk sebenarnya sekedar mekanisme tubuh untuk mengeluarkan gangguan yang masuk ke saluran nafas. Kendati demikian, ada pula batuk yang terjadi akibat penyakit. Hal ini tentunya bukan masalah sepele karena akan sangat mengganggu. Sederet obat batuk yang biasa dijual di warung-warung sebenarnya hanya bersifat meredakan. Ada pun obat yang memang paten, harus ditebus di Apotek dengan resep dokter. Ada pula obat batuk herbal yang dapat diramu sendiri di rumah. Tentunya ini hanya sekedar ikhtiar karena sesungguhnya sakit dan sehat itu milik Allah.

Tumbuhan herbal yang tidak asing lagi khasiatnya untuk mengatasi batuk tanpa obat kimia adalah jeruk nipis. Ada pula tetangga dekatnya yaitu belimbing wuluh. Ramuan-ramuan pereda batuk tanpa obat kimia ini biasanya pula digunakan untuk alat peraga bagi tenaga medis di kampung-kampung yang kesulitan akses kesehatan. Ramuan alami ini sering pula dijadikan bahan penyuluhan kesehatan para mahasiswa yang tengah menempuh jenjang perkuliahan komunitas.

Jeruk Nipis
Sangat khas sebenarnya hubungan antara Jeruk Nipis dengan batuk. Membuat obat batuk herbal dengan Jeruk Nipis tidaklah sulit. Campurannya pun hingga kini belum berubah. Pasangannya adalah kecap manis, kemudian dicampurkan dengan air hangat atau bisa juga hanya campuran keduanya. Lebih baik pula jika ditambahkan dengan madu. Cukup dengan mengambil sari Jeruk Nipis dengan cara diperas, lalu tambahkan kecap manis. Perlu diingat, kecap manis bukan kecap asin. Tambahkan pula madu jika ada. Bisa diminum 2-3 kali sehari.

Belimbing Wuluh
Bellimbing Wuluh selain sebagai obat batuk, bisa juga untuk penyedap masakan. Karakternya mirip dengan jeruk nipis, terutama rasanya yang asam. Oleh karena itu, ramuan Belimbing Wuluh untuk obat batuk bisa dicampur dengan campuran yang juga digunakan untuk ramuan jeruk nipis. Bahan tambahannya bisa berupa gula atau madu.

Masalah yang timbul pada batuk berdahak biasanya adalah lendir yang sulit keluar. Penyebabnya utamanya tentu karena cairan. Semakin banyak minum maka lendir pun semakin encer. Jika pun ingin menempuh cara pintas untuk mengeluarkan lendir secara alami, bisa dengan mencoba menu-menu pedas. Cabe terkenal dengan vitamin C yang tinggi, cukup bagus untuk menjaga kondisi tubuh. Tapi jangan coba-coba jika memiliki masalah Lambung.

Perbanyak minum air mineral dan olahraga secara teratur. Imbangi pula dengan konsumsi vitamin C untuk menjaga kondisi tubuh tatkala batuk.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker