Miris, Lampung Utara Kekurangan Dokter Gigi

Dokter merupakan salah satu profesi yang selalu dibutuhkan di mana pun. Kesehatan akan lebih terjamin jika jumlah dokter terpenuhi sesuai dengan kebutuhan. Faktanya, dokter masih belum terdistribusikan secara merata. Misalkan di Lampung, Kabupaten Lampung Utara mengalami kekurangan dokter gigi. Tercatat bahwa dari 27 puskesmas yang tersebar di 23 kecamatan di Lampung Utara, jumlah dokter gigi hanya enam orang.

Seperti dilansir Lampost, Kadinkes Lampura Prasetyo Heri (24/7/2015), mengatakan minimnya jumlah dokter gigi di puskesmas berdampak pada kurang optimalnya pelayanan bagi pasien yang membutuhkan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Puskesmas yang berdiri kokoh di Lampung Utara sejumlah 27 namun hanya 17 yang memiliki fasilitas ruang perawatan gigi. Masalah yang timbul berikutnya, hanya ada 6 dokter gigi yang siap beroperasi di wilayah tersebut sehingga meskipun ada fasilitas namun dokternya tidak ada.

Selama ini, kekurangan dokter gigi di wilayah Lampura hanya disiasati dengan mendistribusikan ke-6 dokter gigi tersebut di wilayah yang memiliki kepadatan penduduk lebih besar daripada yang lainnya.

“Karena minimnya jumlah dokter gigi, penempatan dokter gigi yang ada disesuaikan dengan tingkat kepadatan penduduk atau banyak sedikitnya jumlah kunjungan pasien di puskesmas. Dan prioritas utama penempatan dokter gigi ada di puskesmas wilayah perkotaan,” kata Heri.

Merujuk data, kata dia, untuk penempatan enam dokter gigi di Lampura, mereka diplot di enam puskesmas, yaitu Puskesmas Kotabumi I, Kotabumi II, Kotabumi Udik, Semuliraya, Bukitkemuning, dan Puskesmas Oganlima, sedangkan 11 puskesmas yang memiliki ruang sarana dan prasarana perawatan gigi dan mulut terpaksa tidak dapat digunakan karena tidak ada yang mengoperasikan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker