Mendadak Melahirkan, Seorang Dokter Bantu Persalinan di Pesawat

0
Seorang dokter membantu persalinan di pesawat yang tengah mengudara. (Foto: ABC News)

Angelica Zen adalah seorang dokter yang sedang menempuh pendidikan spesialis di University of California Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam sebuah perjalanan wisatanya, ia dihadapkan dengan sebuah pengalaman yang tak akan pernah dilupakan. Sepulangnya dari Bali, ia pulang dengan menumpang sebuah pesawat.

Tragedi yang secara tiba-tiba terjadi, seorang Pramugari menanyakan kepada seluruh penumpang apakah ada seorang dokter yang turut serta dalam pesawat tersebut. Pasalnya, ada seorang ibu ibu yang merintih perutnya kesakitan. Sontak, Zen mengatakan bahwa ia adalah seorang dokter.

Begitu Zen menemui sang ibu dan melakukan pengkajian fisik, ternyata sang ibu tersebut akan melahirkan. Kondisi sang ibu memang sudah memasuki masa-masa akhir kehamilan atau menjelang persalinan. Akhirnya ia pun secara profesional membantu persalinan di pesawat. Dengan bantuan para pramugari, persalinan di pesawat pun bisa dilakukan dengan ibu dan anak dalam kondisi selamat.

Rute pesawat pun akhirnya diubah ke Alaska dengan alasan ibu dan anak tersebut. Mereka memerlukan penanganan medis segera agar kondisinya tetap terjaga. Terlebih si bayi yang harus mendapatkan kehangatan karena dalam pesawat lebih rentan dengan suhu AC yang dingin. Setelah sang ibu dan bayi dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan berikutnya, perjalanan para penumpang pun dilanjutkan kembali menuju LA.

Tentu pengalaman yang sangat jarang bisa membantu persalinan di pesawat. Pernah pula kejadian seorang ibu melahirkan di bus, di kereta dan tempat-tempat di mana tidak ada fasilitas medis yang memadai di sana.

“Ketika bayi keluar dengan sehat, saya amat lega,” tutur Zen, saat kembali bekerja di UCLA, seperti dikutip ABC News, Senin (19/10/2015).

“Biasanya saya menangani pasien dewasa dan anak-anak. Hal kemarin merupakan pekerjaan di luar yang biasa saya lakukan,” lanjutnya.

Hendaknya bagi para ibu, jika sudah memasuki masa menjelang melahirkan maka jangan melakukan perjalanan jauh. Hal ini sangat bersiko terhadap ibu dan si bayi.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.