Melahirkan Anak Justru Menyehatkan Bagi Wanita, Masih Berpikir Kalau 2 Anak Cukup?

0

Masih takut untuk punya anak? Jangan-jangan Anda telah terserang virus keluarga berencana yang membatasi anak hanya dua saja? Barangkali ada pula yang khawatir anaknya akan dimakan apa jika terlalu banyak. Semua hal tersebut harus dikaji ulang dengan pemahaman keislaman yang baik serta membuka pikiran lebih luas lagi. Hanya orang-orang yang mudah dibohongi saja yang akhirnya memilih untuk memiliki dua anak saja, padahal tidak ada alasan syar’i yang dijadikan udzur untuk membatasi jumlah anak. Sebuah fakta telah disajikan oleh tim peneliti bahwa menyusui akan mengurasi resiko terjadinya kanker Payudara. Bahkan baru-baru ini, penelitian yang dimuat dalam Jurnal BMC Medicine menyatakan bahwa melahirkan akan membuat ibu menjadi lebih sehat.

Seperti diberitakan Dailymail, Jumat (30/10/2015), ilmuwan menganalisis data dari 322.972 perempuan di sepuluh negara Eropa. Selama 13 tahun penelitian, 14.383 wanita meninggal. Hampir 6.000 kematian karena kanker dan 2.400 disebabkan oleh penyakit jantung.

“Diperkirakan, perubahan hormonal yang terjadi setelah memiliki anak dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker. Khususnya bagi wanita yang memiliki anak pertama pada usia 20 tahunan,” dikutip dari Jurnal BMC Medicine.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa wanita yang menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara hampir 5 persen. Kadar estrogen, kemungkinan memicu hormon yang dapat memicu kanker payudara, dan kadar hormon ini menurun ketika seorang wanita menyusui. Memberikan ASI juga dapat mengubah sel-sel di payudara menjadi lebih sehat.

Sabda Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ فَإِنِّيْ مُكَاشِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

“Nikahilah perempuan yang pecinta (yakni yang mencintai suaminya) dan yang dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab (banyaknya) kamu di hadapan umat-umat (yang terdahulu)” [Shahih Riwayat Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Hakim dari jalan Ma’qil bin Yasar]

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ فَإِنِّيْ مُكَاشِرٌ بِكُمُ اْلأَنْبِيَاءَ يَومَ الْقِيَامَةِ

“Nikahilah perempuan yang penyayang dan dapat mempunyai anak banyak karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab banyaknya kamu dihadapan para Nabi nanti pada hari kiamat” [Shahih Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban dan Sa’id bin Manshur dari jalan Anas bin Malik]

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.