Manfaat Cokelat Hitam Baik Bagi Ibu Hamil, Buktikan!

0

Cokelat bagi banyak orang amatlah disukai. Selain manisnya yang membuat nyaman di lidah, manfaatnya pun baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh tim riset Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland menyatakan bahwa cokelat hitam dapat menurunkan hormon stress. Tidak hanya menurunkan kadar hormon stres kortisol, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research ini juga menunjukkan bahwa manfaat cokelat hitam juga menurunkan kadar katekolamin pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Dalam sebuah rilisnya, Boldsky juga menjelaskan tentang manfaat cokelat hitam bagi ibu hamil. Setidaknya ada 5 manfaat cokelat untuk ibu hamil:

  1. Melancarkan peredarah darah
  2. Tinggi antioksidan
  3. Kaya zat besi dan magnesium
  4. Mencegah penyakit jantung
  5. Mengurangi stres

Mengonsumsi cokelat dapat menurunkan kadar hormon stres. Seperti yang dikemukan di muka, para peneliti telah melakukan eksperimen terhadap 30 responden. Masing-masing responden diminta untuk mengonsumsi 40 gram cokelat hitam tiap harinya hingga kurun waktu 2 pekan. Hasilnya bahwa konsumsi cokelat hitam harian akan turunkan kadar hormon stress pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Manfaat cokelat hitam tidak hanya itu, masih ada yang lainnya seperti dapat menjaga kondisi tekanan darah atau juga menurunkan gumpalan darah. Cokelat banyak sekali disukai dan bisa diolah dalam beragam menu.

 

Tinggalkan Komentar