Kulit Mengelupas Pada Wajah Terjadi Karena Banyak Hal

Kulit wajah tidak selalu berada dalam kondisi fit. Ada masa di mana ia harus berganti dengan sel kulit baru. Terkadang, pada wajah tampak warna putih-putih seperti sel kulit mati yang terkelupas. Jumlahnya pun tidak sedikit dan ada pula yang tersebar di seluruh wajah. Kulit mengelupas bisa diakibatkan oleh banyak faktor.

Kulit mengelupas bisa diatasi dengan trik berikut ini:

  • Kompres dingin
  • Konsumsi air yang cukup
  • Gunakan pelembab kulit
  • Jika diiringi dengan tanda-tanda infeksi kulit, segera hubungi dokter kulit kepercayaan Anda

Penyebab paling sering yang menyebabkan kulit mengelupas diantaranya:

  • Sengatan sinar mentari dapat menyebabkan kulit memerah, nyeri dan terasa panas. Kondisi ini jika dibiarkan dapat membuat sel kulit menjadi rusak dan mati. Akibatnya, secara otomatis kulit akan mengalami regenerasi sehingga kulit yang lama akan terkelupas. Kondisi ini akan tampak sangat ekstrim jika terjadi merata. Akan tampak pada wajah bercah putih sel kulit mati tersebut.
  • Kondisi kulit masing-masing orang berbeda. Ada yang tipe kulitnya memang lembab dan ada pula yang memiliki jenis kulit yang mudah sekali kering. Hendaknya ketika mandi, tidak menggunakan sabun antiseptik karena cenderung mengakibatkan kulit kering. Gunakan pula pelembab kulit agar tidak mudah kering. Penggunaan zaitun untuk masker cukup baik untuk mengatasi hal ini.
  • Alergi terhadap makanan atau obat dapat mengakibatkan kulit mengelupas.

Perawatan kulit yang baik harus tetap diperhatikan agar kulit tetap sehat. Cara-cara di atas adalah sebatas penanganan dari luar. Untuk penanganan dari dalam, bisa disiasati dengan mengonsumsi buah-buahan. Terutama buah yang mengandung banyak vitamin E. Suplemen untuk kesehatan kulit juga tidak ada salahnya digunakan namun tentunya sesuai dosis yang berlaku sehingga efeknya terasa. Masing-masing orang punya cara yang dipilih untuk mengatasi kulit mengelupas. Namun tetap perhatikan mana yang mengandung bahaya atau tidak. Salon kecantikan sudah banyak tersebar, tentunya tidak murah untuk bisa mendapatkan servis. Cara alami bagi sebagian orang telah menjadi primadona. Carilah referensi yang terpercaya saat ingin melakukan perawatan wajah dengan cara alami. Tidak sedikit kasus kesalahan perawatan justru membuat kulit menjadi lebih buruk kondisinya.

 

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker