Karakter Istri Penghuni Surga Itu Begini Loh!

Menikah adalah solusi dari kegalauan yang sudah meradang. Penyakit infeksi hati yang diberi nama galau tersebut seakan telah menemukan jawaban dengan menikah. Memilih istri adalah sebuah keniscayaan, begitu pun memilih suami. Ketika seorang lelaki memilih calon istri, seperti biasanya para ustadz akan memberikan petuah untuk memilih agama, nasab, harta kekayaan dan kecantikannya. Namun tentunya tidak sebatas itu, ada karakter lain yang harus ditelusuri. Karakter istri penghuni surga adalah idaman para lelaki.

Karakter istri penghuni surga bukanlah sebuah kebetulan terjadi. Perlu tarbiyah yang panjang dan tentu peran orang tua amatlah penting untuk mendidik anak perempuannya menjadi calon bidadari surga. Beberapa karakter istri penghuni surga ini dituangkan dalam sebuah hadits yang diriwayarkan oleh Ibnu ‘Abbas rodhiyallaahu ‘ahuma.

Ibnu ‘Abbas berkata, “Bahwa ia telah mendengar Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,
“Istri-istri kalian yang termasuk penghuni surga yaitu mereka yang penyayang, (berpeluang) beranak banyak, yang senantiasa mengupayakan sesuatu yang bermanfaat bagi suami dan jika suami marah ia mendatangi suami kemudian meletakkan tangannya di atas tangan suami, kemudian berkata, “Aku tidak bisa tidur sampai kau ridho kepadaku”. [Ditakhrijkan oleh imam An Nasa-i (257) dalam bab ‘Isyrotun Nisa'”]

Tidak hanya itu, ada hadits lain yang serupa. Hadits ditakhrij oleh imam Al Baihaqi (7/82) dalam As Sunan Al Kubro. Hadits tersebut berbunyi:

Abu Uzainah meriwayatkan, bahwa Nabi Shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
“Sebaik-baik wanita (istri) di antara kalian adalah yang berpotensi beranak banyak, penyayang, pintar menghibur, pandai memenuhi kemauan suami lagi bertakwa kepada Allah. Dan seburuk-buruk istri kalian adalah yang berdandan tidak islami dan yang takabbur. Merekalah istri-istri yang munafiq.”

Dapat dikutip secara jelas dari kedua hadits tersebut bahwa karakter istri penghuni surga adalah

  1. Penyayang
  2. Subur (bisa punya anak banyak)
  3. Pandai menghibur suami
  4. Pandai melayani suami

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker