Kandungan Gizi Ikan yang Sayang Jika Diacuhkan

0

Menu sehari-hari bagi masing-masing keluarga jelaslah berbeda. Semuanya ditentukan oleh lagi-lagi faktor ekonomi. Padahal, jika kekayaan laut Indonesia didistribusikan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, maka tidak akan habis jika pun dikonsumsi secara serentak oleh seluruh bangsa Indonesia. Sayangnya, ikan-ikan tersebut lebih cenderung dijadikan ajang bisnis sehingga rakyat Indonesia juga sulit mendapatkan ikan. Tentu saja, ikan-ikan berkualitas tinggi menjadi barang ekspor yang menjanjikan. Orang luar negeri lebih melihat pada kandungan gizi ikan dan manfaatnya daripada uang yang mesti dikeluarkan. Berbeda dengan Indonesia, lebih memilih uangnya daripada manfaat besar dari ikan tersebut sehingga tersisalah masyarakat yang sulit berkembang dari segi sains. Ada pun yang bisa berkembang akhirnya tidak dihargai di dalam negeri sehingga lebih memilih keluar negeri karena di sana orang-orang pintar jauh lebih dihargai.

Di Jepang, konsumsi ikan amatlah marak. Bahkan ikan pun berani dikonsumsi secara mentah. Selain teknik olahannya yang baik, tentu mereka sudah melakukan penelitian bahwa ikan yang dikonsumsi secara mentah maka kandungan gizinya masih murni. Jika sudah dimasak maka kandungan gizinya bisa jadi ada yang terurai.

Beberapa kandungan gizi ikan dan manfaatnya kurang lebih seperti yang akan diuraikan di bawah ini. Amat banyak yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

1. Asam amino seperti taurin, sangat efektif untuk proses pertumbuhan sel otak balita.
2. Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah terjadinya kebutaan pada anak.
3. Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
4. Vitamin B6 membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
5. Yodium untuk mencegah penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan pada anak.
6. Selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.
7. Zinc yang membantu kerja enzim dan hormon.
8. Fluor yang berperan menguatkan dan menyehatkan gigi anak.
9. Serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna dan zat besi yang mudah diserap tubuh.

Pastikan saat membeli ikan diperhatikan tekstur yang tampak. Para pedagang nakal sering melakukan tindakan tidak terpuji tatkala mengolah ikan agar awet lama seperti menambahkan Formalin dan sebagainya.

Tinggalkan Komentar