Jenis Ikan Terbaik Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Teknik memotong ikan Salmon untuk Sushi. (Foto: www.makesushi.com)

Mengonsumsi ikan tidak diragukan lagi manfaat besarnya. Baik orang sehat mau pun sakit, ibu hamil hingga ibu menyusui, anak-anak hingga dewasa amatlah disarankan untuk makan ikan secara teratur. Negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Korea dan sebagainya suka sekali mengonsumsi ikan. Bahkan banyak restoran dengan menu ikan sebagai menu favoritnya. Warung-warung Sushi pinggir jalan pun selalu ramai oleh penggemar ikan mentah. Jenis ikan terbaik yang direkomendasikan oleh para peneliti tidaklah sembarangan karena tidak semua ikan ternyata baik untuk kesehatan. Terutama teknik olahan dan penyimpanan yang sangat berpengaruh.

“Selama bertahun-tahun para wanita menghindari asupan ikan selama hamil dan menyusui. Mereka juga khawatir memberi ikan pada anak yang masih kecil. Tetapi studi-studi terbaru menyimpulkan bahwa menghindari ikan bisa membuat mereka kekurangan nutrisi penting yang baik untuk tumbuh kembang anak,” kata Stephen Ostroff, ketua riset Food and Drug Administration AS.

Muat Lebih

Jenis ikan terbaik yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan meskurinya yang rendah dan aman diantaranya:

  • Ikan Salmon
  • Ikan Cod
  • Udang
  • Ikan Lele

Bukan hanya ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak juga disarankan untuk lebih rajin mengonsumsi ikan. Dua kelompok ini sebaiknya makan ikan 2-3 kali ikan dalam seminggu. Hal ini dikarenakan kebutuhan protein pada masa-masa tersebut haruslah tercukupi dengan baik. Maka menu-menu berupa ikan dari jenis ikan terbaik cukup baik untuk dikonsumsi secara rutin. Tentunya diperhatikan pula cara mengolah yang benar sehingga kandungan gizinya tidak hilang.

 

Pos terkait