Istri Sebagai Partner Suami dan Suami Sebagai Leader

0

Peran istri dalam upaya suami membawa keluarga menuju Surga sangatlah penting. Tidak akan berjalan dengan lancar proses menuju sakinah, mawaddah dan rohmah jika keduanya tidak beriringan bahu-membahu. Porsi dalam membina keluarga yang sakinah sudah tentu masing-masing berbeda. Ada porsi yang hanya bisa dikerjakan oleh suami dan ada porsi yang hanya bisa dikerjakan oleh istri. Peran istri sebagai partner dibagi dalam beberapa segmentasi. Masing-masing keluarga harusnya bisa memahami dengan baik.

Al Mughiroh bin Syu’bah, “Jika lelaki berperan sebagai lelaki dan perempuan berperan seperti lelaki, maka kehidupannya akan saling bertabrakan. Jika lelaki berperan sebagai perempuan dan perempuan berperan sebagai perempuan, maka keduanya akan mati kurus. Jika lelaki berperan sebagai perempuan dan perempuan berprang sebagai lelaki maka jadinya lelaki sebagai perempuan dan perempuan sebagai lelaki. Dan jika lelaki berperan sebagai lelaki dan begitu sebaliknya, maka kehidupan menjadi baik.” [Bahjatul Majalis (3/36-37)]

Beberapa peran istri sebagai partner suami, terdapat pada banyak aspek seperti:

  1. Dakwah
  2. Motivator pribadi bagi suami
  3. Tempat mengeluh bagi suami dan meringankan beban pikiran
  4. Pengelola keuangan keluarga yang handal karena mayoritas suami sulit mengelolanya
  5. Menjadi pusat kaderisasi terbaik bagi anak-anak

Masih banyak aspek yang di situ istri berperan sebagai partner suami. Bukan hal mudah untuk bisa membuat SOP dalam keluarga. Namun jika tidak menjalin hubungan yang baik, semua itu akan jauh lebih sulit dicapai. Oleh karenanya, saat menentukan siapa yang akan menjadi partner tersebut, harus ada klasifikasi yang ditentukan. Karakter dalam diri seseorang akan bisa cocok dengan proses adaptasi yang tidak sebentar.

Pada dasarnya, jodoh adalah anugrah yang sulit untuk dinalar. Siapa jodoh yang akan menjadi partner adalah serupa dengan sosok yang didampingi. Partner terbaik akan dibentuk oleh pola kepemimpinan suami yang memahami konsep leadership. Jangan dikiran leadership itu hanya untuk kepentingan organisasi semata. Kepentingan dalam urusan keluarga agar terbina keluarga yang solid untuk mengemban tugas luar dalam adalah sama pentingnya untuk diperhatkan.

Tinggalkan Komentar