Inspiratif, Perawatan Spiritual Islami Diterapkan di RSUD Dr. Zainoel Abidin Aceh

0

Peran perawatan spiritual terhadap pasien mestinya diberikan secara komprehensif bersamaan dengan perawatan klinis pasien. Citra Rumah Sakit Islam mestinya menjadi contoh pentingnya membangun spiritualitas pasien. Perawatan spiritual juga mestinya dipahami oleh para perawat. Bukan sekedar merawat secara fisik, melainkan juga secara ruhiyah.

Kini, RSUD di Aceh telah mulai menerapkan hal tersebut. Rumah Umum Daerah yang secara global tidak bersifat agamais, namun berbeda dengan RSUD yang satu ini. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) di Banda Aceh, selain memberikan pelayanan kesehatan fisik juga memperhatikan kesehatan ‘ruhiyah’ para pasiennya. Sebuah sistem pelayanan kesehatan yang komprehensif diterapkan di daerah syariat islam itu.

Di RSUD tersebut, terdapat jadwal harian petugas medis yang serba Islami.

Para petugas medis dijadwalkan untuk memberitahukan waktu sholat kepada setiap pasien sehingga pasien bisa sholat tepat waktu. Sebelum memulai tugas atau operan shift, para petugas medis diberikan motivasi-motivasi Islam. Para pasien pun diperhatikan mana pasien yang harus sholat duduk, berbaring dan juga yang disunnahkan menjama’ sholatnya.

“Perawat juga bertugas untuk memperhatikan keadaan spiritual pasien. Bahkan bila perlu memanggil seorang Ustadz jika ada yang membutuhkan bimbingan rohani. Ini agar ruhiyah pasien tetap terjaga, sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit,” ujar Bukhari, seorang dokter Co-ass pada BersamaIslam, Sabtu (31/12).

Gagasan yang telah diterapkan di RSUD Aceh ini selayaknya diterapkan pula di rumah sakit lainnya terutama yang berlabel rumah sakit Islam. Peran perawatan spiritual oleh para petugas medis telah ada dalam kurikulum. Di sinilah kesempatan untuk mempraktikkannya.

Source: Bersamaislam
Editor: Destur

Share

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.