Fakta Tentang Kelebihan Rokok yang Jarang Diungkapkan

Rokok selam ini menjadi bahan olok-olokan karena mengganggu kesehatan. Rokok pun selalu dikenal sebagai salah satu benda yang mengantarkan banyak orang ke liang lahat. Namun ternyata ada sisi kelebihan rokok yang jarang diungkap diranah publik. Benar sekali bahwa rokok lebih bahaya daripada dibandingkan dengan asap polusi. Hal ini disebabkan asap rokok dan residunya akan terus mengikuti perokok.

Seorang perokok mungkin bisa terlepas dari hiruk-pikuk kendaraan bermotor. Namun ia akan sulit untuk melepaskan puntung rokok dari tangannya. Jika pun sudah lepas maka ia akan mengambil yang baru. Inilah kelebihan rokok yang tidak dimiliki oleh knalpot.

“Coba bayangkan, perokok lagi di kamar merokok. Di kamar mandi merokok. Di tempat makan merokok. Kadang lagi di jalan juga merokok. Asapnya mengikuti terus kemana-mana,” papar Prof Faisal Yunus, SpP(K), dari RS Persahabatan di RS Persahabatan, Jakarta dilansir Sindonews.

“Kalau polusi kendaraan bermotor hanya ada di jalan raya. Polusi asap kebakaran di hutan. Dan polusi asap kayu bakar hanya di dapur. Masih bisa dihindari asapnya,” kata dia.

Seberapa besar polusi yang disebabkan oleh asap kendaraan, asap kebakaran dan lain sebagainya masih dapat dihindari. Tentunya rokok selain menyebabkan pelakunya enggan lepas darinya, kerusakan organ tubuh juga lebih besar kemungkinannya dibandingkan dengan polusi lain.

Asap rokok tidak hanya merugikan perokok aktif, namun juga perokok pasif yang terpapar asap rokok orang lain. Dengan demikian, perokok pasif memiliki risiko kesehatan sama seperti perokok aktif. Jadi seorang perokok memiliki dosa berganda, ia berdosa karena menzolimi diri sendiri dengan memasukkan racun dalam tubuhnya, ia juga menzolimi orang lain didekatnya. Ini pula kelebihan rokok, yaitu membuat perokok memiliki kelebihan dosa. Ketika sholat pun, aroma nafas perokok itu sangat mengganggu, maka benar fatwa salah satu ‘ulama saudi yang melarang seorang perokok untuk sholat berjama’ah sebelum membersihkan mulutnya. (Baca juga:¬†Perokok Tidak Diperkenankan Sholat Berjamaah)

“Residu atau sisa asap rokok dapat menempel di pakaian, barang-barang, hingga dinding rumah. Oleh karena itu asap rokok lebih berbahaya daripada polusi udara,”¬†Tutur Faisal.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker